get app
inews
Aa Read Next : DItargetkan, Pembangunan Pasar Induk Kota Batu Selesai Tahun Ini

Banjir Bandang di Malang Menerpa 3 Desa, Ribuan Warga Mengungsi!

Rabu, 19 Oktober 2022 | 13:45 WIB
header img
ilustrasi banjir (pu.go.id)

BATU, iNews.id - Dimusim penghujan saat ini memang sangat sekali rawan terjadi bencana banjir, maka dari itu warga diminta untuk meningkatkan kewaspadaan. Dan baru-baru ini musibah banjir telah terjadi di Jawa Timur, seperti Banjir bandang di Malang terjadi di Dusun Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang

Selain Desa Sitiarjo, terdapat beberapa titik banjir bandang di Malang yang disebabkan oleh intensitas hujan yang sangat deras dalam beberapa hari terakhir, seperti kejadian banjir bandang di Sumbemanjing Kulon dan Pujiharjo.

Banjir besar menerpa daerah Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Disinyalir penyebab terjadinya banjir tersebut karena luapan dari Sungai Panguluran.  Dalam musibah tersebut, tercatat ada 4 desa yang tergenang banjir besar yakni Desa Krajan tengah, Desa Krajan Barat, Desa Krajan Timur, dan Desa Rowotrate, dengan ketinggian air capai 2 meter.

Disamping banjir besar di Sitiarjo, banjir bandang di Malang juga menerpa daerah Sumbermanjing Kulon dan Pujiharjo di Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Banjir yang diketahui bawa material lumpur dan kayu ini terjang wilayah desa pagi hari kemarin. Hendik Arso, Kepala Dusun Pujiharjo menilai jika banjir besar ini disebabkan jebolnya tanggul sungai karena tidak sanggup meredam derasnya air yang bawa lumpur, batu dan kayu.

Ribuan Warga Jadi Korban Banjir Bandang di Malang

Banjir bandang di Malang yang menerpa Dusun Sitiharjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, berdampak pada ribuan korban warga setempat. Yusak Krismanto, Kepala PMI Sumbermanjing Wetan menjelaskan jika sekitar 1.483 jiwa diprediksi terimbas banjir bandang tersebut. Dari jumlahnya itu tidak satupun yang mengungsi terkecuali masyarakat yang tinggal di Desa Rowo Terate yang banyaknya capai 265 KK.

Yusak menambahkan,  jika jumlah 1.483 korban banjir bandang di Malang ini merujuk dalam jumlah masyarakat saat banjir besar Sabtu (15/10/2022). Yusak pastikan tidak satupun masyarakat mengungsi akibat banjir yang terjang permukiman mereka.

Aliran Listrik Tempat Banjir Bandang di Malang Dipadamkan

Keadaan terbaru banjir bandang di Malang, PLN hentikan sementara suplai listrik di sejumlah titik gardu distribusi di beberapa daerah terimbas banjir di Malang seperti pada Dusun Sitiarjo, Dusun Tambakrejo, Dusun Kedungbanteng, dan Dusun Tambaksari. Pemadaman dilaksanakan untuk jaga keselamatan masyarakat.

Manager PLN UP3 Malang, M Farqi Faris, menjelaskan, pihakmya kini sedang lakukan serangkaian usaha penanganan banjir bandang di Malang. Dimulai dari pencatatan material terimbas kerusakan, pencatatan gardu terimbas banjir, persiapan material pembaruan sampai pekerjaan pembaruan tiang dan konstruksi.

Editor : Dean Ismail

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut