get app
inews
Aa Read Next : 4 Cara Simpel Bersihkan Noda Jamur Di Dinding Rumah, Dijamin Lenyap

Inilah 5 Cara Menghilangkan Jamur Pada Mukena, Dijamin Bersih dan Nyaman

Sabtu, 12 November 2022 | 07:10 WIB
header img
Ilustrasi cara menghilangkan jamur pada mukena (okezone.com)

BATU, iNews.id - Munculnya jamur pada mukena memang membuat risih apalagi saat akan digunakan untuk beribadah. Banyak cara menghilangkan jamur pada mukena, hal ini dilakukan agar mukena tetap bersih dan nyaman untuk digunakan.

Tidak dapat disangkal saat seorang wanita memakai mukena ada kemungkinan wajah pada keadaan basah. Hal itu menimbulkan munculnya jamur pada bagian kepala mukena, yang akan kurangi kenyamanan dan kekhusyukan dalam melaksanakan ibadah.

Sebenarnya, mukena yang digunakan harus pada keadaan bersih tetapi tidak jarang yang lupa dan langsung melipatnya pada keadaan lembab karena terkena air wudhu.

Hal itulah yang menjadi pemicu utama jamur bisa ada. Untungnya ada banyak tips yang dapat dilakukan untuk hilangkan jamur itu.

Bila dibanding dengan area lain pada mukena, bagian kepalanya benar-benar sangat rawan lembab dan berjamur bila tidak teratur dicuci. Khususnya di area puncak kepala, dagu, sampai leher.

Bersihkan dengan mencuci biasa kadang tidak sanggup menghilangkan jamur itu. Berikut cara menghilangkan jamur pada mukena yang telah banyak dipakai:

1. Memakai Cuka

Ada pula tips menggunakan cuka, kamu bisa manfaatkan cuka apel yang umum digunakan untuk menambah rasa pada makanan. Langkahnya ialah mencampurkan air dengan cuka dan pastikan perbandingannya ialah 1:1.

Tuang larutan ke bagian berjamur, sikat memakai sikat lembut juga bisa sikat gigi bekas yang telah dibersihkan. Lakukan sampai jamur hilang. Kemudian, tinggal mencuci mukena dengan deterjen dan mencucinya sampai betul-betul bersih.

Terakhir, jangan lupa dijemur sampai kering semua bagiannya khususnya area kepala yang rawan berjamur itu.

2. Memakai Pemutih Khusus Baju

Tips pertama, kamu dapat manfaatkan pemutih baju yang umum dipakai untuk membuat pakaian putih tidak kelihatan kusam sekaligus hilangkan noda pada baju putih itu. Langkah ini berlaku, bila mukena yang kamu punya warna putih.

Jika tidak, maka kemungkinan warnanya akan memudar karena terkena cairan ini. Cara yang dapat dilaksanakan ialah memendam lebih dulu mukena sama air dingin selama kira-kira 30 menit.

Pada tempat lain, kamu campur air dan pemutih dengan perbandingan 30:1.

Masukan area mukena yang berjamur ke larutan air pemutih dan biarkan selama 30 menit lagi, kucek sampai bersih, lalu bersihkan seperti biasa. Pastikan dijemur dengan keadaan semua sisi tergantung maksimal, area kepala mukena terkena matahari langsung supaya cepat kering.

3. Memakai Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh mempunyai tingkat keasaman yang cukup tinggi hingga dapat digunakan untuk membunuh jamur bahkan bersihkan mukena berjamur.

Langkahnya sangatlah gampang, tinggal ambil satu buah belimbing wuluh segar ukuran sedang atau besar.

Selanjutnya kamu iris jadi dua bagian dan gosokkan bagian tengah belimbing pada area mukena berjamur, sampai semua bagian jamur terkena cairan asamnya.

Biarkan selama 24 jam atau semalam, esok paginya kamu tinggal membersihkan mukena itu dengan deterjen khusus yang umum digunakan untuk membersihkan baju dengan serat lembut.

Janganlah lupa mengucek-ucek bagian berjamur sampai semua jamurnya rontok dan mukena kembali bersih optimal. Basuh dan keringkan sebelum dipakai kembali.

4. Memakai Asam Sitrat

Asam sitrat dapat diperoleh di apotek, umumnya digunakan untuk membantu menyembuhkan beberapa macam penyakit. Kamu tinggal membuat campuran antara serbuk asam itu seperlunya dengan 1 liter air.

Aduk sampai rata dan rendam mukena dalam larutan itu kurang lebih selama satu jam saja.

Selanjutnya, kamu tinggal ambil sikat lembut dan menyikat tempat berjamur pada bagian kepala mukena sampai semua jamurnya hilang lalu basuh memakai air panas.

Terakhir tinggal basuh kembali memakai air dingin dan langsung jemur di tempat yang terkena matahari langsung supaya proses pengeringan dapat semakin cepat.

5. Memakai Buah Mengkudu

Walau baunya cukup menyengat, tetapi buah yang kaya manfaat untuk kesehatan ini dapat juga jadi alternatif untuk hilangkan jamur pada mukena.

Tidak susah, tinggal kupas satu buah itu sampai bersih lalu peras airnya ke mangkok bersih sampai semua sari patinya keluar. Apabila sudah, tinggal campur perasan mengkudu dengan 1 liter air biasa dan aduk sampai rata.

Masukan mukena ke larutan itu dan diamkan sepanjang malam supaya proses merontokkan jamur oleh kandungan hebat buah mengkudu dapat optimal. Sesudah direndam, kamu tinggal mencucinya seperti biasa sampai bersih dan betul-betul kering.

Untuk hilangkan bau buah mengkudu yang melekat pada mukena, kamu dapat menambah pewangi dengan aroma sesuai dengan selera.

Nah, itulah 5 cara untuk menghilangkan jamur pada mukena. Semoga bermanfaat.
 

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut