get app
inews
Aa Read Next : Yogi Irwan Pamungkas Resmi Dilantik Sebagai Pj Kepala Desa Randuputih

5 Perawatan Gigi Bayi Baru Tumbuh Agar Sehat dan Bersih

Jum'at, 02 Desember 2022 | 20:56 WIB
header img
Perawatan Gigi Bayi Baru Tumbuh. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Bayi yang sedang mengalami pertumbuhan gigi biasanya akan sering rewel karena rasa yang tidak nyaman. Sebagai orang tua, tentu saja ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai bentuk perawatan untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan saat gigi tumbuh.

Perawatan Gigi Bayi Baru Tumbuh

Gigi pertama yang tumbuh pada bayi akan terlihat sangat lucu. Namun, umumnya anak akan merasa tidak nyaman dengan keadaan tersebut. Ada beberapa cara perawatan gigi bayi baru tumbuh agar memastikan gigi tumbuh dengan baik, yaitu:

1. Memberikan Camilan dan Mainan yang Aman untuk Digigit

Apabila anak sudah bisa mengonsumsi makanan yang bertekstur keras, maka Kakak bisa memberikan timun atau wortel yang sudah didinginkan sebelumnya.

Ketika gigi mulai tumbuh biasanya bayi akan merasa tidak nyaman dan cenderung rewel. Kakak bisa memberikan mainan teether yang aman untuk bayi gigit. Jika tidak ada teether, Kakak juga dapat menggunakan sendok yang aman dan saputangan.

2. Membersihkan Gusi Bayi

Umumnya, gigi pertama yang tumbuh pada bayi adalah gigi depan rahang bawah. Untuk membersihkan rongga mulut, sebaiknya dilakukan ketika gigi anak belum tumbuh. 

Kakak bisa menggunakan sikat gigi dengan bulu lembut atau saputangan yang lembab untuk membersihkan gusi bayi setiap hari. Pembersihan gusi ini dilakukan untuk menghilangkan kuman yang ada di mulut. 

Kakak juga bisa menggosok dan memijat lembut bagian gusi menggunakan jari yang bersih. Tekanan dari pijatan yang lembut mampu meredakan ketidaknyamanan bayi yang sedang mengalami pertumbuhan gigi.

3. Memilih Sikat Gigi yang Lembut

Saat gigi pertama tumbuh, sikat gigi anak menggunakan sikat gigi kecil dengan bulu yang lembut untuk membersihkan giginya. Sebelum menyikat gigi, rendam sikat gigi pada air hangat supaya bulu pada sikat gigi tidak terasa keras sampai bisa menyakiti gusi. 

Usahakan untuk menyikat gigi bayi dua kali dalam sehari, yaitu saat sarapan dan sebelum anak tidur. Apabila ingin memberikan pasta gigi, maka Kakak bisa menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride seukuran biji beras saja, ya. 

Namun, biasanya pasta gigi anak tidak mengandung fluoride. Sehingga, kebutuhan fluoride bisa diperoleh dari berbagai makanan laut, misalnya ikan, kerang, dan makanan laut lainnya.


Perawatan Gigi Bayi. (okezone.com)

4. Memeriksakan Gigi Anak ke Dokter

Tidak hanya orang dewasa saja, saat gigi pertama anak tumbuh maka anak bisa mulai dibawa untuk periksa gigi ke dokter. Kunjungan pertama ke dokter gigi sebaiknya tidak boleh lebih lama dari ulang tahun pertama anak. 

Pemeriksaan gigi akan memberikan banyak manfaat, sehingga orang tua bisa mengetahui pertumbuhan gigi anak dengan baik. Selain itu, semakin cepat melakukan pemeriksaan ke dokter gigi mampu meningkatkan kesehatan gigi sehingga saat dewasa gigi dan gusi tetap sehat dan terjaga.

5. Mengganti Sikat Gigi Secara Berkala

Jika bulu sikat gigi sudah terlihat tidak lurus, maka ganti sikat gigi secara berkala. Setidaknya penggantian sikat gigi dilakukan 2 sampai 4 bulan sekali. Hal tersebut dikarenakan dalam kurun waktu 2 sampai 4 bulan kuman telah banyak berkumpul di sikat gigi. 

Untuk menjaga agar sikat gigi tetap higienis pastikan untuk menyimpan sikat gigi di wadah yang kering dan terbuka dalam posisi berdiri. Masa pertumbuhan gigi pada anak biasanya dimulai sekitar usia 6 bulan. Pada masa ini, orang tua perlu memberikan perhatian ekstra dan melakukan perawatan gigi bayi baru tumbuh, supaya anak bisa merasa nyaman dan memastikan gigi yang tumbuh sehat.

Itulah perawatan gigi bayi baru tumbuh agar sehat dan bersih sejak dini. Semoga berguna dan bermanfaat!

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut