get app
inews
Aa Read Next : Kebakaran Rumah di Pondok Kelapa Jaktim Diduga Akibat Konsleting Listrik

11 Cara Membuka Situs yang Diblokir: Bebas Nge-Internet Tanpa Batas!

Senin, 31 Juli 2023 | 12:22 WIB
header img
Cara Membuka Situs yang Diblokir. (iNews.id)

BATU, iNewsBatu.id - Eits, jangan galau dulu kalo situs favoritmu tiba-tiba diblokir, bro/sis! Nggak usah khawatir, kita punya trik keren nih buat mengatasi masalah itu. Di dunia maya yang serba canggih ini, kita bisa kok menembus batasan dan bebas berselancar tanpa kendala. So, siap-siap deh, kita bakal tunjukin cara membuka situs yang diblokir dengan gaya kekinian dan simpel!

Yup, di era teknologi ini, ada banyak cara kreatif buat buka situs yang diblokir. Salah satu trik andalan adalah menggunakan VPN. Jadi, bayangin deh, kamu bisa jadi seperti agen rahasia yang punya akses ke berbagai situs dari seluruh dunia. Tinggal download aplikasi VPN, pilih server negara lain, dan taraa! Situs yang tadinya susah diakses, sekarang bisa kamu nikmati dengan bebas. Bukan cuma itu, VPN juga bikin data kamu jadi aman, bro/sis!

Kalo kamu mau trik simpel tanpa instal-aplikasi-ribet, coba deh pakai proxy web. Makin kekinian banget, kan? Gampang banget kok! Kamu tinggal kunjungi situs proxy, masukin alamat situs yang diblokir, dan situsnya bakal terbuka dengan santai. Jadi, kamu bisa tetep update sama berita terkini atau nonton video favorit tanpa batasan. Asyik, kan?


 Cara Membuka Situs yang Diblokir. (Foto: DOK.iNews.id)

 

11 Cara Membuka Situs yang Diblokir

1. Gunakan VPN (Virtual Private Network)

Nah, pertama-tama, cara paling populer buat membuka situs yang diblokir adalah menggunakan VPN alias Virtual Private Network. Jadi, gimana nih caranya? Gampang banget, deh! Kamu tinggal download aplikasi VPN dari toko aplikasi, trus install di perangkatmu. Begitu deh, kamu bisa pilih server dari negara lain yang nggak nge-blokir situs yang ingin kamu kunjungin. Asyik, kan?

2. Pakai Proxy Web

Kalo nggak mau ribet install aplikasi VPN, tenang aja, bro! Masih ada cara lain yang simpel. Kamu bisa coba pakai proxy web. Apa itu? Jadi begini, proxy web itu semacam jembatan antara kamu dan situs yang mau kamu buka. Kamu tinggal kunjungin situs proxy web, lalu masukkan alamat situs yang diblokir. Voilà! Situs yang tadinya diblokir bisa terbuka dengan mudah.

3. Gunakan DNS Publik

DNS? Apa itu? Jangan bingung, gue jelasin! DNS itu kayak katalog alamat Internet. Nah, biasanya kita pakai DNS bawaan dari ISP (Internet Service Provider). Tapi, untuk membuka situs yang diblokir, kita bisa coba gunakan DNS publik, kayak punya Google (8.8.8.8) atau Cloudflare (1.1.1.1). Caranya simpel, kok! Tinggal ganti settingan DNS di perangkat kamu, terus, coba buka situs yang tadinya susah diakses. Mudah, 'kan?

4. Akses Lewat Tor (The Onion Router)

Tor? Kedengeran misterius banget, ya? Tapi jangan salah, Tor bisa jadi penyelamat buat buka situs yang diblokir. Tor bakal ngacak alamat IP kamu, jadi kayak jadi anonim gitu deh pas nge-Internet. Kamu tinggal download Tor Browser, trus tinggal klik-klik doang, deh, udah bisa buka situs apa aja. Seru, 'kan?

5. Manfaatkan Google Cache

Oke, nih, cara unik buat buka situs yang diblokir. Cobain akses situs lewat Google Cache. Caranya, kamu tinggal ketik "cache:[alamat situs]" di mesin pencarian Google. Nah, Google bakal tampilin versi terakhir situs yang tersimpan di cache-nya. Jadi, kamu bisa baca kontennya tanpa gangguan. Asik, 'kan?


Cara Membuka Situs yang Diblokir. (okezone.com)

 

6. Gunakan Extension atau Add-on

Buatan manusia emang kreatif banget, ya! Kita bisa manfaatin extension atau add-on di browser buat membuka situs yang diblokir. Contohnya kayak "Hola" atau "Browsec," ini extension VPN yang bisa bantu kamu mengakses situs yang diblokir. Tinggal pasang di browser, trus nikmatin aja hasilnya!

7. Ubah HTTP Jadi HTTPS

Nah, yang ini simpel tapi kadang berhasil juga, lho! Coba kamu tambahin "s" di akhir "http" jadi "https" pas ketik alamat situs. Beberapa situs malah bisa dibuka deh dengan trik ini. Nggak ada ruginya, kan, dicoba?

8. Gunakan Jaringan Wi-Fi Lain

Mungkin ada jaringan Wi-Fi lain di sekitarmu yang nggak nge-blokir situs yang kamu pengen kunjungin. Coba deh, minta izin ke temen atau saudara yang punya Wi-Fi, trus konekin perangkatmu ke situ. Siapa tau berhasil!

9. Mobile Hotspot dari HP

Jika situs yang kamu ingin kunjungi diblokir di jaringan Wi-Fi tempat kamu berada, coba deh pakai mobile hotspot dari HPmu sendiri. Kamu bisa internetan dengan bebas tanpa batasan. Keren, kan?

10. Cari Alternatif Situs

Kalo semua cara di atas nggak berhasil, jangan sedih dulu. Masih ada banyak situs alternatif dengan konten serupa yang bisa kamu kunjungi. Jadi, jangan nyerah, selalu ada jalan keluar!

11. Bertanya ke Orang yang Paham

Terakhir, jika semuanya belum berhasil, jangan ragu buat bertanya ke orang yang lebih paham soal teknologi atau masalah ini. Mungkin mereka punya trik lain yang belum kamu coba. Belajar dari pengalaman orang lain emang sering membantu, kan?

Yah, segitu dulu, deh, teman-teman! Semoga tips-tips di atas membantu kamu buka situs yang diblokir dengan mudah. Ingat, tetap bijak dan bertanggung jawab saat berselancar di dunia maya, ya! Selamat mencoba, dan selamat menikmati bebasnya nge-Internet tanpa batas!

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut