get app
inews
Aa Read Next : Speedboat Meledak, Cagub Maluku Utara Benny Laos Meninggal Usai Kampanye

Gunung Dukono Meletus, Muntahkan Abu Vulkanis Setinggi 800 Meter Warga dan Wisatan Diimbau Menjauh

Jum'at, 24 Mei 2024 | 08:01 WIB
header img
Gunung Dukono meletus, muntahkan abu vulkanis setinggi 800 meter warga dan wisatan diimbau menjauh. Foto: Magma Indonesia

MALUKU UTARA, iNewsBatu.id - Gunung Dukono di Halmahera Utara, Maluku Utara meletus pada hari Jumat (24/5/2024) pukul 06.04 WIT. Badan Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan tinggi kolom abu letusan mencapai 800 meter di atas puncak.

"Mengalami erupsi Gunung Dukono pada Jumat, 24 Mei 2024, pukul 06:04 WIT. Kolom letusan teramati mencapai ketinggian sekitar 800 meter di atas puncak (sekitar 1.887 meter di atas permukaan laut)," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Api M Saum Amin, Jumat (24/5/2024).

Saum menjelaskan bahwa abu yang teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang bergerak ke arah timur. Letusan direkam oleh seismograf dengan amplitudo maksimum 20 mm dan durasi 76,62 detik.

Di sisi lain, masyarakat di sekitar Gunung Dukono dan para pengunjung serta wisatawan dihimbau untuk tidak melakukan aktivitas, mendaki, atau mendekati Kawah Malupang Warirang dalam radius 3 km.

Mengingat bahwa letusan dengan abu vulkanis secara periodik terjadi dan sebaran abu mengikuti arah dan kecepatan angin, sehingga area terkena abu tidak bisa diprediksi dengan pasti.

"Kami menyarankan kepada masyarakat di sekitar Gunung Dukono untuk selalu menyediakan masker penutup hidung dan mulut untuk digunakan jika diperlukan guna menghindari bahaya abu vulkanis terhadap sistem pernapasan," tambahnya.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut