get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Kesehatan, Pemdes Kabuaran Laucing Posyandu Integritas Layanan Primer

Gerbas Tani Kedungrejo, Belanja Sayur Langsung dari Lahan

Senin, 16 September 2024 | 12:25 WIB
header img
Gerakan masyarakat membeli sayuran langsung dari lahan petani di Desa Kedungrejo, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang (Foto: iNewsBatu.id/Ardianto)

LUMAJANG, iNewsBatu.id – Gerakan Belanja Sayur (Gerbas Tani), yang memungkinkan masyarakat membeli sayuran langsung dari lahan petani di Desa Kedungrejo, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kembali digelar.

Gerbas Tani tahun 2024 ini akan dimulai pada 19 September, dengan persiapan yang hampir rampung.

Kepala Desa Kedungrejo, Hariyanto, menyampaikan, persiapan Gerbas Tani telah mencapai 95 persen.

"Semuanya sudah siap. Kami rencanakan launching pada tanggal 19, menyesuaikan dengan jadwal Ibu PJ (Pj Bupati)," ujarnya.

Gerbas Tani kali ini akan memanfaatkan lahan seluas 2,5 hektar, terdiri dari 1,5 hektar untuk kegiatan belanja sayur, serta lahan penunjang seluas 1 hektar.

Terdapat sekitar 36 varietas tanaman yang tersedia, termasuk kacang panjang, tomat, brokoli, jagung, terong, cabai, dan banyak lagi.

Yang menarik, pengunjung dapat memetik sendiri sayuran yang ingin dibeli, lalu langsung menimbangnya di pasar yang telah disiapkan. “Yang jelas, harganya di bawah pasar," kata hari.

Dengan kembalinya Gerbas Tani, Hariyanto berharap kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian para petani serta mendukung usaha mikro kecil menengah (UMKM) setempat, sekaligus menggerakkan roda ekonomi masyarakat secara keseluruhan.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut