get app
inews
Aa Read Next : Kejurprov IBCA MMA Jawa Timur Resmi Dibuka dengan Ditandai Pemukulan Gong Oleh Ketua IBCA MMA Jatim

Viral Gua dengan Pemandangan Sungai yang Cantik, Ada di Jatim dan Terpanjang se-Asia Tenggara 

Rabu, 25 September 2024 | 13:24 WIB
header img
Viral gue dengan sungai indah di dalamnya, dan ada di Jawa Timur. Foto: tangkapan layar google local guide

JAKARTA, iNewsBatu.id - Gua adalah salah satu destinasi wisata favorit yang dapat ditemukan di Indonesia. Namun, tahukah Anda bahwa gua terpanjang di Asia Tenggara terletak di Jawa Timur?

Video mengenai gua terpanjang ini dibagikan oleh akun Instagram @budalrek, yang menunjukkan keindahan pemandangan dari dalam gua. Di dalam gua ini, Anda dapat menikmati sungai yang indah dengan air yang jernih.

Penasaran dengan gua terpanjang di Asia Tenggara yang ada di Jawa Timur? Berikut ulasannya yang dirangkum pada Rabu (25/9/2024).

Keindahan Goa Lowo

Gua terpanjang se-Asia Tenggara ini bernama Goa Lowo, yang terletak di Trenggalek, Jawa Timur. Goa ini membentang sepanjang 2 kilometer, namun hanya 850 meter yang dapat dieksplorasi oleh pengunjung.

"Kalian tahu tidak, gua terpanjang se-Asia Tenggara berada di Jawa Timur, tepatnya di Trenggalek, bernama Goa Lowo. Gua ini panjangnya 2 km, tetapi hanya 850 m yang bisa kita jelajahi. Sisanya bisa dieksplorasi dengan menyelam ke sungai bawah tanahnya," kata akun @budalrek.

Akun tersebut juga menjelaskan bahwa di dalam gua terdapat banyak stalaktit dan stalagmit besar, serta sarang kelelawar.

"Stalaktit dan stalagmit di sini kadang memiliki ukuran yang sangat besar. Jika Anda berjalan sampai ujung, Anda akan menemukan banyak sarang kelelawar. Suasana di dalam gua ini lembap, tetapi tidak terlalu panas, dan pemandangannya sangat indah," tambahnya.

Perlu dicatat, Goa Lowo terletak di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Lokasinya berada di kawasan perbukitan. Untuk mengunjungi gua ini, Anda dapat berangkat dari pusat kota Trenggalek dengan jarak sekitar 30 kilometer menuju Goa Lowo.

Akses jalan menuju gua cukup baik dan dapat dilalui oleh kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Meskipun mudah diakses, rute menuju Goa Lowo terkenal cukup ekstrim, jadi Anda harus berhati-hati saat perjalanan.

Nama "Lowo" berasal dari bahasa Jawa yang berarti kelelawar, karena gua ini dihuni oleh banyak kelelawar.

Selain pemandangan gua yang menakjubkan, area sekitar Goa Lowo juga dikelilingi hutan yang hijau dan asri, menambah keindahan alam di sekitarnya. Pengunjung dapat berjalan menyusuri jalur yang sudah disediakan, menikmati udara sejuk dan suasana alam yang tenang.

Goa Lowo adalah destinasi menarik bagi pecinta alam dan fotografi. Selamat berkunjung!

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut