get app
inews
Aa Read Next : Kisah Aditya, Bocah 13 Tahun di Kediri Rela Tak Sekolah demi Merawat Kedua Orang Tuanya yang Sakit

Rekomendasi Wisata Kuliner Kota Batu Malang yang Wajib Dikunjungi!

Senin, 27 Juni 2022 | 07:06 WIB
header img
Rekomendasi Kuliner Kota Batu Malang Jawa Timur (inews.id)

BATU, inews.id - Kuliner Kota Batu Malang Jawa Timur tidak kalah menariknya dengan rekreasi alamnya. Panorama alam bukit dan keberagaman flora dan fauna Batu menjadi daya magnet khusus wisatawan.

Tetapi, Kota Batu Malang menyuguhkan beragam kuliner yang mambu mengunggah selera. Beragam jenis kuliner dari makanan berat sampai cemilan sedap dapat kamu dapatkan di Batu.

Disamping itu, kamu tak perlu merogoh kantong demikian besar karena harga tidak begitu mahal. Malam hari beragam cemilan yang umum dipasarkan di jalanan menjadi teman santai di Kota Batu yang dikenal dengan suhu dinginnya.

Kuliner Kota Batu Malang dapat membuat kamu suka dengan rasanya yang sedap. Wisata Kuliner Batu ini terbagi dalam beragam makanan kecil atau cemilan yang umum dipasarkan di jalanan, sampai makanan berat yang dapat didapat di warung makan.

1. Pecel Kawi Hj. Musilah

Kuliner Batu Malang yang pertama ialah Pecel Kawi Hj. Musilah. Warung nasi yang beralamatkan di Jalan Kawi Atas No. 43, Kota Malang ini sediakan bermacam menu masakan lain.

Semenjak awalnya berdirinya Pecel Kawi di tahun 1975, nasi pecel di sini telah banyak memiliki pujaan. Ini tidak lain karena rasa bumbu kacang sebagai siraman pada nasinya benar-benar kuat dan unik.

Berikut yang membandingkan Pecel Kawi dengan nasi pecel lain secara umum. Disamping itu peyek yang renyah dan kriuk menambahkan kepuasan kuliner legendaris ini. Harga yang ditawari untuk tiap menu bervariatif dan cukup dapat dijangkau. Untuk satu porsi nasi pecel dibandrol pada harga sekitaran Rp 11 ribu saja.

2. Soto Geprak Mbah Djo

Salah satunya kuliner batu malang ialah Soto Geprak Mbah Djo. Kualitas rasa sotonya yang begitu enak, renyah ditambah lagi jeruk nipis yang paling cocok membuat beberapa pencinta kuliner senang dengan rasanya.

Soto Geprak Mbah Djo sudah memakai resep rahasia semenjak tahun 1935. Membuat rasa soto ini berlainan dengan rasa soto-soto yang lain.

Proses pemrosesan soto Goprak Mbah Djo ini dilakukan dengan tumbuk/menggeprak daging secara lembut supaya serat daging terpisah sendirinya tak perlu ada dilaksanakan proses pemangkasan serat. Nama geprak sendiri datang dari tehnik pemrosesan daging saat sebelum diolah. Semua dibandrol dengan range harga yang dapat disebut benar-benar murah yakni di antara Rp 7000 - Rp 20.000 saja.

3. Mie Soden

Kuliner Batu Malang selanjutnya ialah Mie Soden. Mie Soden beralamat di Jl. Raya Selecta No. 1, dusun Tulungrejo, Kota Batu (dekat gerbang masuk Selecta) yang buka dari jam 18:00 sampai larut malam.

Nama Soden sendiri mengarah pada nama si pemilik yang dekat dengan panggilan itu. Menyajikan menu mie instant goreng sebagai menu khusus, mengantar nama warung ini terkenal dengan Mie Soden.

Mie Soden sendiri sebetulnya sebagai mie instant goreng yang diolah plus tambahan beberapa bumbu dan pendamping, seperti sawi hijau dan telur orek.

Tetapi, kesedapannya benar-benar melewati mie instant yang umum dibikin sendiri di dalam rumah. Ditambah dengan adara dingin di kota Batu, membuat kamu akan suka dengan Mie Soden ini.

Selainnya mie, kamu harus juga menicipi the susu ciri khas Mie Soden ini. Satu gelas teh susu di Mie Soden dibikin dari susu fresh, gula pasir dan satu kantung teh celupkan.

Disamping itu, kamu bisa juga mencicip hidangan susu hangat untuk temani sekantung krupuk pasir, sate dalaman, sate telur puyuh, dan cemilan yang lain ada di warung ini. Range harga pada warung ini sekitaran Rp 1.000 - Rp 10.000.

4. Sate Landak

Kuliner Sate Landak Bu Ria ini memakai daging asli dari hewan landak. Memiliki bentuk telah dalam potongan kecil yang sudah dibakar dengan kematangan rata.

Teksturnya empuk dan mempunyai rasa renyah yang buat siapa saja suka. Kamu dapat cicip kuliner berlebihan ini dengan tiba ke Jalan Raya Bugis 47, Saptorenggo, Pakis, Malang.

Di kuliner Batu Malang satu ini kamu dapat pesan tongseng, bahkan juga rica-rica berbahan dari landak. Selainnya landak, di sini ada menu yang berbahan dari biawak dan bulus (kura-kura berpunggung lunak).

Kabarnya, faedah dari daging itu bisa mengobati penyakit dimulai dari asma sampai permasalahan kejantanan. Untuk harga seporsinya sekitar di antara Rp 15.000-Rp 40.000.

5. Cilok Rempah

Wisata kuliner Batu Malang seterusnya yang bisa membuat kamu suka ialah cilok. Kudapan yang ini sebagai salah satunya menu kuliner kota Batu yang perlu kamu cicip, karena kesan mengkonsumsinya di tengah-tengah dinginnya udara akan berlainan.

Cilok yang ditawarkan menyebar di beberapa tempat, seperti satu diantaranya banyak ditemui di alun-alun Batu. Cilok yang ditawarkan juga berbagai macam macamnya, dimulai dari cilok daging, cilok rempah sampai cilok jeletot yang unik dengan kepedasannya.

Cukup dengan Rp 5.000 saja, kamu bisa memperoleh satu porsi cilok yang banyak. Janganlah lupa untuk makan cilok saat panas, karena apabila sudah dingin rasanya tidak sama kembali.

6. Lok-Lok Satay

Bila sedang jalan-jalan di alun-alun Kota Batu, karena itu kamu bisa banyak menyaksikan lapak yang jualan satay Lok-Lok ciri khas negeri Jiran. Sate yang ini tidak dibuat dari material dasar daging ayam atau kelinci dan sapi, tetapi dibuat dari beragam olahan seafood.

Menu pada kuliner Batu Malang satu ini bermacam, ada sate udang, sate kepiting, sate cumi, sate baso ikan, sosis, dan lain-lain. Ukuran per tusuknya juga berbeda, dimulai dari ukuran kecil sampai yang jatah jumbo.

Masalah harga bervariasi, dimulai dari Rp 5.000 sampai 15.000 per tusuknya. Sate dihidangkan dengan opsi sambal, salah satunya sauce tomat, sambal biasa, mayonase, barbeque dan sambal tentunya lok-lok yang khusus.

7. Putu Lanang Celaket

Putu Lanang Celaket adalah gerai makanan paling tua di Malang yang dibangun oleh Ibu Soepijah. Gerai Putu Lanang Celaket ini jadi penjual kue putu yang terbaik dan terpopuler di Malang.

Bisa disaksikan dari jumlahnya konsumen setia yang sering penuhi gerai ini, yang berada di gang kecil di Jalan Beskal Agung Suprapto sehari-harinya.

Tempat wisata kuliner satu ini buka tiap hari pada jam 17.30. Seharusnya kamu tiba lebih cepat karena beberapa konsumen setia telah banyak yang datang.

Selainnya kue putu, kamu bisa juga mendapati cemilan manis tradisionil yang lain, terhitung cenil dan lupis. Satu porsi dipandang Rp10.000 dan konsumen setia diberi kebebasan untuk memadukan ke-3 nya.

8. Pos Ketan Legenda

Bertandang ke Malang, kurang cocok rasanya jika tidak coba hidangan ketan di Pos Ketan Legenda. Sama sama dengan namanya, warung ketan ini telah menjadi legenda karena telah ada semenjak 1967.

Beberapa orang yang ingin tahu dengan hidangan ketan di sini. Bahkan juga banyak yang ikhlas mengantre untuk memperoleh beberapa jatah ketan yang mengunggah hasrat.

Ketan dengan cita-rasa yang unik ini dihidangkan dengan bermacam bermacam topping yang unik seperti susu, sambal, keju, durian, dan lain-lain.

Jika kamu tertarik dan ingin tahu dengan hidangan ketan di Pos Ketan Legenda, kamu langsung bisa ke arah Jalan Kartini No. 6, Ngaglik, Batu, Malang.

Kuliner Batu Malang satu ini buka start pukul 4 sore sampai jam 12 malam. Pas untuk kamu yang ingin camilan pada malam hari.

Editor : Dean Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut