get app
inews
Aa Read Next : Revisi UU Penyiaran Rugikan Insan Pers, Jurnalis Malang Raya Geruduk Kantor DPRD Kota Malang

Angkat Kearifan Lokal, Warga Sisir Gelar Gebyak Budoyo Sisir Nyawiji

Selasa, 28 Juni 2022 | 15:10 WIB
header img
Gebyak Budoyo Sisir Nyawiji (foto: Dinas Kominfo Kota Batu)

BATU, inews.id - Beberapa ribu warga padati Jl Diran, Kelurahan Sisir, Kota Batu pada acara Gebyak Budoyo Sisir Nyawiji.

Acara ini sendiri di gelar pada hari Sabtu (26 Juni 2022) malam hari. Wakil Wali Kota Batu, H. Punjul Santoso, datang langsung dengan kenakan pakaian Sakera.

Gebyak Budoyo Sisir Nyawiji sebagai pergerakan untuk memperlihatkan jati diri masyarakat Sisir dengan mengusung kearifan lokal.

Lurah Sisir, Viara Aria Pranaka, menjelaskan, aktivitas ini ialah bukti jika masyarakat Sisir dapat nyawiji (berpadu).

"Ini bukanlah cuma kegiatan seremonial tetapi harus jadi kegiatan yang berkelanjutan, dengan menunjukkan beragam kesenian dan potensi yang merupakan jati diri masyarakat sisir," ucapnya dikutip dari laman resmi batukota.go.id

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batu, H. Punjul Santoso, yang disebut salah satu masyarakat asli Kelurahan Sisir berasa senang. Gebyak Budoyo Sisir Nyawiji ini sudah mengusung dan memperlihatkan nilai-nilai adat di Kelurahan Sisir.

"Saya sebagai warga asli Dusun Meduran Kelurahan Sisir berasa senang dengan nilai-nilai tradisi yang ada, mudah-mudahan ke depan kita bisa terus melestarikan kebudayaan ini," ucapnya.

Kegiatan ini tampilkan beragam kesenian tradisional, dimulai dari Bang Mi'un, bantengan, jaranan, karawitan, pencak silat, reyog, sanduk dan disemarakkan dengan beragam pameran dan bazar UMKM.

Editor : Dean Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut