get app
inews
Aa Read Next : Meresahkan, Kawanan Begal Sasar Ojek Online di Kota Batu

Jembatan Kaca Ngalam, Wisata Unik dan Mendebarkan di Malang Jawa Timur

Sabtu, 16 Juli 2022 | 11:22 WIB
header img
jembatan kaca ngalam (ngalam.co)

BATU, inews.id - Apa yang pertama terlintas dibenak anda ketika mendengar kampung pelangi? Bisa jadi yang langsung teringat adalah sebuah perkampungan dengan nuansa warna-warni yang menghiasi hampir diseluruh sudut kampung.

Betul hal tersebut memang benar adanya. Saat ini ada beberapa kampung pelangi yang berada di tanah air. Salah satunya ada di Malang, Jawa Timur. Kampung ini diresmikan beberapa tahun lalu dan langsung menarik minat wisatawan untuk berkunjung dan menikmati eloknya karya cipta buatan tangan-tangan kreatif orang-orang Malang.

Nah, istimewannya di samping kampung warna-wani pelangi ini. Ada sebuah kampung yang tak kalah uniknya. Kampung itu disebut dengan nama kampung tridi (3D). Sesuai namanya kampung ini didesain dengan gambar-gambar yang terlihat tiga dimensi. Sehingga bagi para pengunjung yang baru pertama kali datang akan cukup tertipu dengan ilusi gambar.

Masalahnya adalah. Kamu bisa berkunjung ke da kampung unik itu di Malang. Tetapi, dua kampung itu terpisahkan oleh sungai. Itu artinya kamu mesti berjalan memutar dari satu kampung ke kampung lainnya.

Hal ini tentu akan membuat kamu lelah dan tak bersemangat menjelajah kampung. Karena itulah terobosan baru belum lama ini dibuat oleh masyarakat setempat dengan membangun sebuah jembatan penghubung.

Jembatan penghubung yang dibangun ini bukan jembatan biasa. Jembatan ini terbuat dari kaca yang memungkinkan kamu melihat apa saja yang ada dibawah jembatan.

Jembatan Kaca Ngalam. itulah nama dari jembatan yang menghubungkan dua kampung nyentrik yang ada di Malang itu. Jembatan ini berdiri diatas ketingian 9.5 meter.

Cukup tinggi memang, tapi tenang jembatan ini dijamin kuat. Bahkan untuk menampung 50 orang sekaligus atau sekitar 250 kilogram! Keren kan? Nah, mengapa jembatan dari kaca ini dapat menampung beban seberat itu.

Sebab jembatan ini disanggah oleh enam tali baja sekaligus, Jadi, tenang, jembatan ini bisa dipastikan kuat asal perawatannya selalu dijaga. Selain itu, jembatan ini membentang dari Kampung Warna-Warni ke Kampung Tridi dengan panjang 20 meter dan melintasi aliran sungai yang ada di bawahnya.

Siapakah yang mendesain Jembatan Kaca Ngalam ini?

Jawabanya adalah anak muda bernama Khairul Ahmad dan Mahatma Aji Pangestu. Keduanya adalah mahasiswa jurusan Teknik Sipil dari Universitas Muhammadyah Malang.

keduanya ditunjuk bukan tanpa sebab, sebab Ahmad dan Aji adalah juara dari kontes jembatan Indonesia dan kompetisi bangunan gedung Indonesia yang digelar pada tahun 2015 lalu.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut