get app
inews
Aa Read Next : 5 Aplikasi Android Pengubah Sinyal 3G Menjadi 4G, Apa Saja?

Cara Mengecek Sinyal 3G Telkomsel di Daerah Anda, Mudah Banget!

Rabu, 20 Juli 2022 | 14:00 WIB
header img
cara cek sinyal 3G Telkomsel (Telkomsel)

BATU, iNews.id - Telkomsel semenjak awal tahun 2022 ini telah umumkan rencana menghentikan jaringan generasi ke-3 atau 3G di Indonesia dengan bertahap. Seterusnya, infrastuktur Telkomsel yang sejauh ini digunakan 3G akan diarahkan ke 4G dan 5G.

Di awal April lalu, operator plat merah itu mengawali proses migrasi 3G ke 4G sebagai tahapan awalnya, yang meliputi 90 titik kota/kabupaten (766 kecamatan). Tahapan awalnya migrasi 3G ke 4G itu direncanakan selesai Mei 2022.

Bila merujuk agenda itu, sedianya 90 titik sebagai sasaran migrasi telah tercakup oleh konektivitas 4G. Dalam kata lain, konektivitas 3G di daerah itu telah dimatikan.

Pengamatan dari Batu.Inews, Telkomsel telah merilis daftar daerah berikut agenda migrasi 4G lewat situs resminya. Situs itu menguraikan kecamatan mana yang konektivitas 3G-nya mati dan dimigrasikan ke 4G.

Agendanya sendiri cukup bervariatif, dengan jadwal terkini pada 22 Juni 2022. Dalam kata lain, konektivitas 3G di semua daerah yang dicakup dalam perincian ini telah disuntik mati dan diarahkan ke 4G.

Daftar itu diringkas per pulau, terbagi dalam Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan Maluku - Papua.

Rinciannya, ada 104 daerah di pulau Jawa yang dimatikan sinyal 3G-nya, dimulai dari Jakarta Timur, Jawa Timur, Jawa tengah, Yogyakarta sampai Jawa Barat. Konektivitas 3G di daerah-daerah ini telah ditingkatkan ke 4G per tanggal 22 Juni 2022.

Di pulau Sumatera, ada 184 daerah yang telah dimatikan konektivitas 3G-nya dan ditingkatkan ke 4G. Daftar itu mencakup propinsi Aceh, Riau, Jambi, Sumatera Utara, Sumatera Selatan sampai Lampung.

Di pulau Kalimantan, ada 65 daerah yang kebagian peningkatan 4G sesudah 3G-nya dimatikan. Adapun di pulau Sulawesi mencakup 172 daerah, Nusa Tenggara 139 daerah, dan Maluku - Papua 92 daerah.

Cara Cek 3G Telkomsel telah mati/belum

Untuk pastikan dan mengecek apa 3G Telkomsel di daerah Anda telah mati atau memang belum, Anda bisa berkunjung situs di bawah ini.

  • https://www.telkomsel.com/untungjadi4g
  • Gulir ke bawah sampai Anda mendapati info "4G datang di beberapa kota berikut"
  • Click kotak "Daftar kota" yang disertai panah
  • tentukan pulau di mana Anda tinggal
  • Gulir tabel daftar daerah yang tertera sampai Anda mendapati daerah yang dimaksud

Di Kota Jakarta Timur misalkan, agenda peningkatan konektivitas 4G-nya tertera per tanggal 22 Juni 2022.

Artinya, konektivitas 3G di daerah Kota Jakarta Timur telah mati karena telah dipertingkat ke 4G. Begitu halnya daerah yang lain, sesuai agendanya migrasi 4G masing-masing.

Untuk Batu dan Malang dari pantauan tim Batu.iNews masih belum tersedia, kemungkinan bakalan ikut pada kloter selanjutnya.

Editor : Dean Ismail

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut