get app
inews
Aa Read Next : 5 Kesempatan Bisnis Produk Kecantikan dengan Keuntungan Besar

Mau Terjun ke Bisnis Ritel? ini Kunci Sukses yang Harus Anda Miliki

Kamis, 21 Juli 2022 | 12:34 WIB
header img
ilustrasi bisnis ritel (pexels)

BATU, iNews.id - Para pelaku bisnis retail dipandang perlu jalankan sepuluh hal ini untuk mendapat keberhasilan dalam kuasai pasar.

Ditambah, Indonesia sebagai negara berkembang perlu penyiapan lebih dalam hadapi perdagangan bebas sejak tahun 2015.

Monica Lucas, Direktur Pragma Consulting Inggris, menjelaskan hal yang pertama dan paling penting yaitu pilih lokasi strategis sesuai sasaran pasar.

Ini bukan hanya berlaku untuk pasar lokal, tapi juga jika pebisnis akan melakukan ekspansi ke luar negeri.

Para pelaku bisnis ritel juga harus sanggup beradaptasi, pahami, dan mau untuk dengarkan konsumen setia. Apa lagi, Indonesia mempunyai karakter yang unik, ada Jawa dan luar Jawa, ada urban dan non-urban. Ini sebagai rintangan untuk beberapa pebisnis, akan sia-sia jika tidak searah.

Yang ketiga, para pebisnis harus sanggup meramalkan jangkauan secara tepat. Ini terkait erat dengan pemilihan segmen pasar yang hendak diincar.

Keempat, pilih aliran marketing yang pas, misalkan apakah secara konservatif atau e-commerse. Juga bisa dengan ke-2 nya yang dimaksud dengan cross channel.

Poin kelima, para pebisnis tidak dapat selalu lakukan semua pekerjaan usaha ritel sendiri, karena itu diperlukan seorang manager yang andal. Ia harus sanggup kerjakan tugasnya sesuai harapan pebisnis.

Ke enam, diperlukan ide yang jelas berkenaan usaha ritelnya. Ketujuh, ada mekanisme yang bagus baik pada management atau rantai produksi sampai hingga ke tangan pelanggan.

Disamping itu yang ke-8, perusahaan harus memiliki mekanisme pemasaran yang efisien, khususnya dalam mempromokan supaya pesan brand dapat tersampaikan.

Ke-9, harga harus dijaga supaya masih tetap bersaing, tidak jauh terpaut dengan di pasar.

Paling akhir, pebisnis harus sanggup isi celah yang belum digunakan pesaing lain. Mereka harus sanggup lakukan hal yang belum dilaksanakan.

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut