get app
inews
Aa Read Next : Event Kota Wisata Batu, Catat Kegiatan di Bulan Mei 2024 Ini

Dijadwalkan, Pasar Besar Kota Batu Bisa Beroperasi Awal Tahun 2023

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 11:53 WIB
header img
Pasar Besar Kota Batu (rakyat62)

BATU, iNews.id - Pembangunan Pasar Besar Kota Batu diperkirakan usai pada 2023 kedepan. Pengerjaannya ini sudah diawali semenjak awal tahun tepatnya pada bulan Februari 2022 lalu.

"Jika bisa awal-awal 2023 bisa ditempati. Harus sudah ada pengundian dalam kurun waktu dekat, dengan demikian beberapa pedagang langsung bisa berpindah saat Pasar Induk telah jadi , " kata Wali Kota Dewanti Rumpoko dikutip dari Rakyat62, Jumat (5/8/2022).

Untuk proses pembangunan Pasar Besar Kota Batu ini sendiri sudah jalan sepanjang 220 hari dari kontrak kerja yang disepakati yakni selama 509 hari.

Pasar Besar Kota Batu dibangun pada area selebar 39.548 m2 dengan keseluruhan luas bangunan pasar ini mencapai 35.077 m2. 

Pasar itu nantinya akan mempunyai tinggi tiga lantai dengan pembagian lantai 1 sebagai area basah, lantai 2 sebagai area kering dan lantai 3 sebagai zona makanan dan kulineran.

Dengan pembagian zona atau area ini, diharapkan untuk lebih memudahkan para pengunjung saat ingin berbelanja di Pasar Besar Kota Batu ketika mencari kebutuhannya.

Jumlah kios Pasar Besar Kota Batu sekitar 1.733 unit dan keseluruhan los 1.033 unit. Dalam pengerjaan Pasar Besar Kota Batu ini ditangani oleh kontraktor PT Sasmito dengan bujet Rp152,721 miliar. 

Pembangunan Pasar Besar Kota Batu ini, diharapkan nantinya dapat memuat 3.306 pedagang dari pasar lama yang awalnya cuma bisa memuat 2.210 pedagang.

Ditambah dengan beberapa pedagang yang jualan di luar bangunan pasar yang lama. Selanjutnya, di pasar yang baru ini diharap bisa tingkatkan omzet beberapa pedagang sampai 5% sama sesuai sasaran perkembangan dari ekonomi nasional.

Editor : Dean Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut