get app
inews
Aa Read Next : Meresahkan, Kawanan Begal Sasar Ojek Online di Kota Batu

Edukasi Masyarakat Beralih Pertamax, Pertamina Bagikan BBM Gratis di Batu

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 14:38 WIB
header img
BBM Pertalite (Foto: Okezone)

BATU, iNews.id - Pemerintahan akan batasi pembelian pertalite dan solar subsidi sesuai persyaratan. Guna mendukung perayuran pemerintah itu Pertamina Patra Niaga mulai lakukan sosialisasi supaya masyarakat berpindah ke BBM yang lebih berkualitas.

Untuk mengundang perhatian warga dalam menyosialisasikan hal tersebut, Pertamina Patra Niaga sediakan bonus stiker dan BBM gratis ke pemakai kendaraan beroda 4 atau beroda 2 yang isi bahan bakar di Pertashop Punten, Bumiaji, Kota Batu.

"Ini program untuk tingkatkan kesadaran dan mengedukasi warga agar tahu BBM kualitas baik seperti Pertamax, dex, pertamax turbo itu ada kita jual di pertashop," tutur Sales Manajer Tempat Malang-Banyuwangi Pertamina Patra Niaga, Sindu Priyo ke awak media, Kamis (4/8/2022).

BBM gratis dalam sosialisasi ini bisa didapat masyarakat saat beli pertamax series dan dex series di Pertashop Punten, Bumiaji, Kota Batu. Konsumen kelak akan memperoleh extra pengisian untuk kendaraan beroda 2 gratis 1 ltr dan beroda 4 gratis 2 ltr.

"Di pertashop punten ini adalah yang pertama kalinya di Jawa Timur kita menjadikan lokasi sosialisasi. Setelah disini nanti kita akan ke sejumlah tempat lain di Jawa Timur. Kita akan roadshow ke wilayah lain, ini yang pertama. Ini agar warga sadar," kata Sindu.

Dikutip dari laman Rakyat62, Persyaratan kendaraan yang menerima Pertalite masih menanti revisi Peraturan Presiden nomor 191 tahun 2014 selesai. Kabar terakhir kalinya, cuma beberapa mobil di bawah 1.500 cc dan motor di bawah 250 cc yang bisa konsumsi Pertalite.

Saat kapasitas mesin motor dan mobil di atas itu, jadi harus memakai BBM nonsubsidi seperti Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, sampai Pertamina Dex.

Maka dari itu, Sindu mengutarakan dalam program membagikan BBM gratis ini pihaknya menggandeng beberapa komunitas mobil dan motor. Dia mengeklaim BBM tipe pertamax series pas untuk mesin kendaraan motor keluaran terkini.

"Kita lihat dari komponen mesin saat ini (pertamax, dex, turbo) ini tepat. Ke mesin lebih baik karena peranan pertamax semacam itu. Mengapa gratis, ini agar warga dapat rasakan, umumnya pertalite sekarang coba pertamax," jelasnya.

Pengurus Pertashop 5P65301, Punten, Kota Batu, Rio Hendra akui berasa senang Pertashopnya menjadi lokasi pertama program pembagian BBM gratis dari Pertamina.

Disebutkan Rio, bila program BBM gratis ini terbatasi cuma untuk 60 kendaraan yang terdiri dari 20 kendaraan beroda 4 dan 40 kendaraan beroda 2. Bila diestimasi pihaknya akan membagi BBM sekitar 80 liter dengan gratis.

"Jadi untuk kuotanya 60 stiker, untuk mobil bisa 2 ltr, motor 1 ltr. Ketentuannya harus ditempeli sticker Pertamax," pungkasnya.

Editor : Dean Ismail

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut