get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

Ketahui Makanan Penyebab Pipi Tembem Perlu Kamu Hindari

Minggu, 28 Agustus 2022 | 22:45 WIB
header img
Makanan Penyebab Pipi Tembem . (inews.id)

BATU, iNews.id - Pipi tembem atau yang disebut dengan chubby, dapat membuat seseorang percaya diri karena terlihat menggemaskan. Tetapi ada pula sebagian orang yang tidak percaya diri memiliki pipi tembem. Ini disebabkan karena pipi tembem membuat seorang tampak kelebihan berat badan.

Tanpa disadari, ternyata pipi tembem bisa dikarenakan oleh mengonsumsi makanan yang tidak menyehatkan. Pipi tembem juga bisa dikarenakan oleh faktor keturunan, karena mempunyai bentuk wajah yang bulat. Ada juga yang dikarenakan oleh pengaruh reaksi alergi atau mempunyai kondisi penyakit tertentu.

Tak perlu cemas bila memiliki pipi tembem, yang dikarenakan oleh sering mengonsumsi makanan penyebab pipi tembem. Seharusnya makanan itu dihindari dan mengganti dengan makanan yang bernutrisi. Berikut makanan penyebab pipi tembem yang seharusnya dihindari:

1. Makanan Tinggi Garam

Makanan penyebab pipi tembem yang pertama adalah makanan tinggi garam. Garam mempunyai kandungan sodium yang dapat mengikat air di dalam tubuh. Sehingga sering mengonsumsi makanan yang tinggi garam, akan menyebabkan pipi tembem.

2. Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi, kerbau, domba, kambing, kuda, dan babi termasuk makanan penyebab pipi tembem. Karena daging merah mengandung lemak jenuh yang dapat menyebabkan obesitas. Seharusnya kurangi mengonsumsi daging merah, termasuk daging merah olahan.

3. Produk Olahan Susu

Selain itu, mengonsumsi produk olahan susu bisa juga menyebabkan pipi tembem. Meskipun produk olahan susu dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, tapi kalori yang terkandung dalam produk olahan susu sangat tinggi. Produk olahan susu bisa juga meningkatkan resiko terkena peradangan jerawat, yang dapat membuat pipi menjadi bengkak dan terlihat tembem.

4. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan dapat dijadikan sebagai nasi untuk dijadikan sebagai penambah energi harian. Tetapi dalam karbohidrat olahan mempunyai kandungan yang tinggi gula. Selainnya menyebabkan pipi tembem, karbohidrat olahan bisa juga menyebabkan penyakit diabetes dan obesitas.

5. Alkohol dan Soda

Terakhir, ada alkohol dan soda yang menjadi penyebab pipi tembem. Kandungan gula tambahan yang ada dalam alkohol dan soda, sangat berbahaya untuk tubuh. Minuman ini mengakibatkan tubuh dehidrasi, sehingga tubuh akan mengikat air yang membuat pipi terlihat lebih gemuk.

Penyebab Pipi Tembem yang Lainnya

1. Kurang Vitamin dan Mineral

Ternyata ada faktor yang lain menyebabkan pipi tembem selainnya makanan. Jika kurang mengonsumsi mineral dan vitamin, karena itu dapat menyebabkan pipi terlihat tembem. Apalagi bila tubuh terlalu dehidrasi atau kekurangan cairan. Sehingga membutuhkan air putih untuk mencegah terjadinya pipi tembem.

2. Stres

Pipi tembem bisa juga dikarenakan oleh stres. Di saat seorang mengalami stres, akan ada sindrom cushing yang disebabkan karena hormon kortisol meningkat di dalam tubuh. Saat pikiran sedang stres, ada beberapa orang yang melampiaskan stres dengan mengonsumsi makanan. Ini bisa juga menyebabkan pipi tembem.

3. Kurang Olahraga

Tentu saja olahraga sangat berpengaruh pada wujud tubuh seseorang. Kurang melakukan olahraga bisa saja penyebab pipi tembem. Karena itu, seharusnya lakukan olahraga secara rutin dengan intensitas sedang. Karena olahraga dapat mencegah obesitas dan membantu melancarkan peredaran darah.

4. Gangguan Kesehatan

Pipi tembem bisa juga disebabkan karena gangguan kesehatan yang dialami seorang. Gangguan kesehatan yang menyebabkan pipi tembem ialah sakit gigi, reaksi alergi, infeksi sinus, gigitan serangga dan lain sebagainya. Kondisi ini dapat segera ditanyakan pada dokter, supaya mendapatkan pengobatan yang sesuai kondisi.

5. Efek Samping Obat-Obatan

Ada banyak beberapa obat yang mempunyai pengaruh menyebabkan pipi tembem. Efek samping beberapa obat ini umumnya terjadi pada obat steroid. Obat ini umumnya dipakai untuk mengatasi peradangan. Penggunaan obat steroid ini harus dalam pengawasan dokter, agar tidak memberikan efek samping yang lebih membahayakan.

6. Sering Begadang

Begadang ialah kebiasaan buruk yang semestinya dihindari. Begadang dapat membuat tubuh mengalami obesitas, sehingga berpengaruh pada pipi tembem. Saat begadang, peredaran darah akan menjadi tidak lancar dan beberapa organ tubuh tidak bekerja dengan baik. Seharusnya hindari begadang, untuk kesehatan tubuhmu.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut