get app
inews
Aa Read Next : Inilah 7 Langkah Memulai Usaha Jamu Tradisional Kemasan, Dijamin Untung

Cara Mudah Mengirim Paket Lewat JNE yang Aman dan Anti Ribet

Sabtu, 03 September 2022 | 14:32 WIB
header img
Cara Mengirim Paket Lewat JNE. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - JNE sebagai salah satu agen pengirimam barang yang berada di Indonesia. Bukan hanya barang yang kecil saja, kita bahkan juga dapat mengirim barang apa saja di JNE bahkan dalam ukuran besar seperti motor sekalipun. Untuk kalian yang ingin mengirim barang untuk pertama kali, ada loh beberapa cara mengirim paket lewat JNE yang mudah dan praktis. Kalian dapat mengikuti tahapan berikut ini, sebagai cara mengirim paket lewat JNE agar tidak salah.

Cara mengirim paket lewat JNE dimulai dari ongkos kirim, cara packing, sampai melacak paket kalian. Sehingga jangan takut salah dalam melakukan tahapan mengirim paket ke JNE untuk kalian beberapa pemula.

Karena itu, berikut ini cara-cara mengirim paket lewat JNE yang mudah dan praktis untuk kamu para pemula:

1. Tarif Ongkos Kirim JNE

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengirim paket lewat JNE, kalian harus tahu nih berapa tarif ongkos kirim yang diberikan oleh JNE. Berikut beberapa cara kalian mengetahui tarif ongkos kirim JNE untuk kota tujuan:

1. Pertama kalian masuk laman www.jne.co.id/id/tracking/tarif

2. Selanjutnya kalian dapat isi kolom origin dengan kota pengirim.

3. lalu pada kolom destination diisi kota penerima.

4. Selanjutnya kalian dapat masukkan berat barang pada kolom weight. Kalian dapat isi 1Kg dahulu jika belum tahu berat pada paket yang akan dikirim.

5. Bila sudah, kalian dapat klik tombol Check dan isi chaptcha.

6. Selanjutnya klik tombol Check dan pilih layanan yang kalian inginkan, dapat JNE OKE, Reguler, YES atau yang lain.

7. Jika semua tahapan telah dilakukan, karena itu ongkos kirim akan ada.

2. Kemas Paket Sesuai Standard JNE

Jika kalian sudah tahu berapa ongkos kirim yang dibutuhkan, saat ini kalian harus mengetahui tahapan pertama sebelum mengirim paket kalian ke JNE. Cara pertama yang paling penting dan khusus yaitu kemasan paket kalian.

Yup! Kemasan paket harus memenuhi standard ya KLovers, jangan sembarangan atau asala-asalan, ini supaya paket kalian sampai dengan aman. Berikut tahapan-tahapan yang dapat kalian lakukan ketika akan mengemas paket:

1. Pertama siapkan peralatan yang dibutuhkan, seperti kardus untuk packing, gunting, selotip besar, bubble wrap (jika barang pecah belah), kardus, koran, plastik.

2. Setelah itu kalian dapat lapiskan barang menggunakan koran dan plastik dengan rapat.

3. Jika sudah, kalian dapat masukkan ke kardus yang ukurannya telah disesuaikan. Tidak boleh terlalu sempit dan jangan terlalu longgar ya KLovers.

4. Kemudian kalian dapat bungkus kardus dan rekatkan menggunakan selotip besar.

5. Kemudian kalian dapat lapiskan kembali menggunakan bubble wrap yang sudah disiapkan. Ini bisa menjadi pilihan saja, namun untuk barang yang rawan pecah atau terbelah, ada baiknya menggunakan bubble wrap.

6. Selesai, paket telah di packing yang rapi dan sesuai standard.

3. Tuliskan Alamat dengan Tepat

Cara mengirim paket lewat JNE yang selanjutnya yaitu dengan menuliskan alamat kalian dengan tepat dan benar. Dan berikut beberapa hal yang dapat kalian masukkan ke alamat yang akan dituju:

1. Pertama, kalian dapat siapkan kertas (akan lebih bagus berwarna putih) untuk menulis alamat kalian.

2. Selanjutnya kalian dapat masukkan nama pengirim dan penerima, janganlah lupa masukkan nomor telepon keduanya.

3. Kemudian masukkan alamat lengkap seperti nomor rumah, warna rumah, warna pagar, nama gang, nama jalan, nama perumahan, nama desa, nama kecamatan, nama kelurahan, kota, dan provinsi. Semakin lengkap alamat akan semakin membuat lebih mudah kurir untuk mengirimkan paket kalian.

4. Bila sudah, kalian dapat merekatkan kertas itu di paket yang akan kalian kirim.

4. Datang ke Agen Terdekat

Jika sudah, kalian bisa langsung tiba ke agen terdekat sebagai salah satu cara mengirim paket lewat JNE yang seterusnya. Kalian dapat mencari agen JNE lewat Google maps. Jika sudah ketemu di tempat yang terdekat, kalian bisa langsung tiba ke sana dan mengirimkan paket itu.

5. Pilih Layanan JNE yang Ingin Digunakan

Jika kalian telah ke tempat tujuan, cara mengirim paket lewat JNE yaitu dengan pilih layanan JNE yang akan kalian lakukan. Layanan ini cuma berbeda waktu sampai paketnya. Ada yang estimasi pengiriman kilat, standard, sampai lama. Semua tergantung dengan layanan JNE yang kalian pilih. Berikut beberapa layanan JNE yang dapat kalian pilih:

1. JNE REG (Reguler) = Layanan kirim paket dengan estimasi waktu sampai 1-7 hari kerja (sesuai jarak tempuh). Pengiriman tidak berlaku untuk hari Minggu dan libur nasional.

2. JNE YES (Yakin Besok Sampai) = Layanan kirim paket dengan estimasi waktu sampai 1 hari (termasuk hari Minggu dan libur nasional). Ada garansi uang kembali bila terlambat.

3. JNE OKE (Biaya Kirim Ekonomis) = Layanan kirim paket dengan harga yang lebih ekonomis dibanding layanan REG. Pengiriman tidak berlaku untuk hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional.

4. JNE Trucking (JTR) = Layanan kirim paket minimum 10 kg menggunakan armada truk dengan harga yang lebih hemat. Dapat untuk kirim furniture, motor, dan yang lain.

6. Lacak Paket JNE

Jika paket telah di kirim, karena itu cara mengirim paket lewat JNE yang terakhir yaitu dengan mencari paket kalian. Yup! Kalian dapat mencari paket kalian sudah sampai mana. Berikut beberapa cara mengirim paket lewat JNE dan melacaknya:

1. Pertama, kalian dapat masuk ke laman "Cek Resi JNE".

2. Selanjutnya pada kolom kurir, pilih Ekspedisi JNE.

3.Lalu kolom resi, dapat kalian isikan Nomor Resi JNE yang sudah kalian dapatkan.

4. Apabila sudah komplit, klik tombol "Lacak".

5. Selesai. Sistem akan memunculkan di mana posisi barang kalian dan beberapa istilah pengiriman JNE yang lain misalnya:

- On Process : barang sedang diproses untuk pengiriman.
- Received at Warehouse : barang sampai ke gudang JNE terdekat dari kota tujuan.
- Received at Origin Gateway : barang sampai ke gudang JNE kota tujuan.
- On Transit : barang sedang transit di kota lain.
- Received on Destination : barang sudah sampai kota arah pengiriman tapi belum dikirim ke alamat.
- Delivered : barang sampai di alamat pengiriman.

Tersebut beberapa cara mengirim paket lewat JNE yang dapat kalian lakukan. Tidak sulit kan KLovers? Bahkan juga mudah dan praktis. Selamat mencoba mengirim paket kalian lewat JNE.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut