get app
inews
Aa Read Next : 5 Manfaat Olahraga Yoga Untuk Kesehatan Tubuh Patut Dicoba

Tidak Percaya Diri Sebab Punya Kantung Mata? Berikut Solusinya

Senin, 12 September 2022 | 06:01 WIB
header img
Ilustrasi kantung mata (okezone.com)

BATU, iNews.id - Rutinitas bergadang bisa berpengaruh pada timbulnya kantung mata. Terbentuknya kantung mata sebagai dampak dari berkurangnya lemak karena penuaan dan kekurangan tidur.

Kantung mata sebagai hal normal yang dimiliki beberapa orang.

Umumnya, kantung mata ada dibarengi lingkaran hitam, hingga bisa membuat penampilan terlihat lebih tua dan susah untuk dihilangkan.

Munculnya kantung mata umumnya bukan lantaran persoalan kesehatan yang serius. Tapi, keberadaannya kemungkinan mengganggu dalam aspek kecantikan. Hal itu umum terjadi karena kecapekan.

Tetapi, ada faktor-faktor yang lain bisa mengakibatkan kantung mata. Berikut faktor penyebab munculnya kantung mata:

  1. Pengumpulan cairan, khususnya saat bangun tidur atau sesudah konsumsi makanan asin

  2. Kekurangan tidur

  3. Alergi

  4. Merokok

  5. Keturunan

Cara-cara hilangkan kantung mata dengan alami bisa dicoba seperti berikut.

Kompres mata dengan es batu

Mengompres mata dengan handuk berisi es batu bisa menolong mengurangi pembengkakan dan memperkecil pembuluh darah yang melebar disekitaran mata. Caranya, bungkus beberapa es batu dengan handuk bersih dan kompres ke mata.

Anda bisa juga membasahi waslap sama air dingin dan memoleskannya ke kulit di bawah mata selama 20 menit untuk dampak yang sama. Ulangi proses ini bila kain jadi hangat atau es mencair.

Tidur lebih awal

Diperoleh keterangan bahwa orang yang tidak memperoleh cukup tidur saat malam hari akan membuat pembuluh darah pada tubuh melebar, hingga menyebabkan peningkatan saluran darah.

Disamping itu, kulit di bawah mata lebih tipis, hingga gampang berubah warna jadi gelap, disebabkan karena peningkatan saluran darah. Hal tersebut yang mengakibatkan timbulnya kantung mata.

Upayakan untuk tidur selama tujuh sampai delapan jam tiap malam untuk menolong hilangkan kantung mata.

Tinggikan kepala saat tidur

Menurut pakar kecantikan, cara untuk menghilagkan kantung mata salah satunya dengan meninggikan kepala saat tidur bisa mengurangi kantung mata. Coba tinggikan kepala dengan memakai bantal tambahan.

Langkah ini akan menahan cairan menggenang di bawah mata dan menahan pembengkakan dan infeksi.

Bila Anda tidur dalam sikap terlentang, cairan bisa menggenang di kelopak mata sisi bawah dan mengakibatkan timbulnya kantung mata.

Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin C

Diperoleh keterangan jika seiring bertambahnya usia, otot dan jaringan pada tempat mata akan menurun. Tingkatkan konsumsi vitamin C bisa menolong tubuh menyerap semakin banyak asam hialuronat.

Kegunaannya untuk tingkatkan collagen dan hilangkan kantung mata. Berikut makanan yang memiliki kandungan vitamin C mencakup:

  • Jeruk

  • Paprika merah

  • Kubis

  • Brokoli

  • Strobery

Olahraga teratur

Olahraga teratur tingkatkan sirkulasi hingga membawa saluran darah ke kulit untuk menolong siklus regenerasi sel hingga kulit menjadi lebih cerah dan terlihat lebih muda, termasuk hilangkan kantung mata.

Disamping itu, olahraga menghasilkan endorfin yang berperan untuk hilangkan stres dan kekhawatiran, membuat Anda lebih bahagia dan tenang hingga Anda dapat tidur pulas.

Nah itulah beberapa cara untuk menghilangkan kantung pada mata. Semoga bermanfaat!

Editor : Dean Ismail

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut