get app
inews
Aa Read Next : Sekolah Negeri dan Swasta Terbaik di Kota Batu Malang

Wali Kota Batu Ikut Sabers Pungli Sebagai Bentuk Dukungan Kali Tematik Tulus

Senin, 10 Oktober 2022 | 14:10 WIB
header img
Wali kota Batu ikut kerja bakti warga kelurahan Temas (kabarmalang)

BATU, iNews.id - Komitmen para pecinta lingkungan di kawasan kota Batu untuk selalu melindungi kelestarian sumber air terus di giatkan. Hal ini mereka lakukan dengan melakukan kegiatan Sabers Pungli (Sapu Bersih Nyemplung Kali).

Dalam kegiatan tersebut, Dewanti Rumpoko selakau Wali Kota Batu ikut serta dalam kegiatan bersih-bersih tersebut. Dewanti juga tak segan ikut kerja bakti di Kali Tulus, Kelurahan Temas, Kota Batu pada hari Minggu (9/10/22) pagi kemarin.

Dalam Kegiatan yang di ikuti oleh puluhan masyarakat tersebut, mereka saling bahu-membahu menjaga lingkungannya supatya tetap bersih dan asri. Kegiatan kerja bakti yang di ikui pula oleh Wali Kota Batu tersebut di awali dengan pembersihan sampah di sepanjang saluran sungai, rumput, daun, sampai semak ilalang.

Lurah Temas, Adi Santoso, menjelaskan, kegiatan bersih-bersih ini dilakukan untuk jaga kelestarian lingkungan dan sumber air di kawasan mereka.Disamping, sebagai pemberdayaan warga, dan akan dibuat sungai tematik di tempat Kali Tulus tersebut.

"Kami mempersiapkan tim yang hendak mempersiapkan sungai ini jadi sungai tematik, ada gambaran untuk biopori dan budidaya ikan," ujar Adi Santoso kepada media.

Adi menambah, bila area Kali Tulus nanti akan dijadikan sebagai lokasi atraksi seni budaya dan kearifan lokal kelurahan temas sebagai usaha untuk melestarikan kebudayaan.

Wali Kota Batu, menyambut baik dengan program yang dilakukan warganya tersebut. Harapannya, usaha yang dilakukan oleh warga setempat ini bisa menjaga lingkungan secara terus-menerus.

"Menjadikan sungai ini (Kali Tulus) sebagai kebanggaan masyarakat Temas dan warga Kota Batu. Saat sungai bersih, tertata, karena itu lingkungan akan nyaman," kata Wali Kota.

Kegiatan kerja-bakti yang dilakukan oleh warga Kota Batu ini, selanjutnya di teruskan dengan doa bersama dan pemotongan tumpeng sebagai bentuk syukur dalam peringati hari jadi Kota Batu ke-21 dan Hari Ulang Tahun Sabers Pungli kelima.

Editor : Dean Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut