get app
inews
Aa Read Next : 3 Mitos Gunung di Pulau Jawa yang Bikin Merinding Patut Diketahui

Inilah Deretan Misteri yang Ada di Gunung Semeru, Nomor 1 Kawasan Banyak Nisan

Senin, 24 Oktober 2022 | 15:11 WIB
header img
Deretan misteri Gunung Semeru, Nomor 1 kawasan banyak nisan Foto : MNC Media

BATU, iNews.id - Tahukah kamu mengenai misteri yang ada di Gunung Semeru? Sudah terdengar tidak asing lagi jika sebuah tempat mempunyai berbagai mitos dan misteri yang ada didalamnya.

Misteri dan mitos dari suatu tempat yang dianggap sakral pasti sudah sangat banyak dan sering terdengar oleh telinga manusia, apalagi dengan adanya bukti dari adanya misteri tersebut menjadikan mereka percaya bahwa mitos dan misteri itu ada dan benar adanya.

Salah satu tempat yang pasti ada mitos dan misteri adalah gunung. Dimana tempat ini sudah pasti ada dimensi dari dunia lain yang menghuni area tersebut. Salah satunya adalah gunung Semeru.

Gunung Semeru meletus luar biasa dan dengan memuntahkan awan panas pada Sabtu, 4 Desember 2021. Mengakibatkan, kerusakan terjadi di beberapa kampung dan area sekitarnya.

Gunung Semeru yang dikenal juga sebagai Mahameru ialah gunung berapi yang rekat dengan cerita rakyat Jawa. Gunung yang mempunyai ketinggian 3.676 mdpl ini, dipercayai sebagai rumah dewa-dewa.

Berkikut sejumlah cerita Semeru yang disebut gunung paling tinggi di Pulau Jawa itu:

1. Misteri Kawasan Kelik

Untuk yang sempat mendaki Semeru, kemungkinan sudah mengetahui mengenai misteri di Kawasan Kelik. Kawasan ini sebagai lokasi yang ada banyak nisan untuk orang-orang yang wafat saat mendaki Gunung Semeru.

Satu diantaranya punya aktivis Soe Hok Gie, konon saat beberapa pendaki melewati kawasan kelik, beberapa pendaki ada yang alami kesurupan roh manusia dan roh binatang.

2. Pulau Jawa Terbelah

Cerita lain menghubungkan letusan Gunung Semeru dengan tanda musibah, atau kejadian besar yang membawa kesengsaraan untuk rakyat.

Karena itu tidaklah aneh ada yang menyambungkan letusan Gunung Semeru ini dengan ramalan Jayabaya, yang menubuatkan jika Pulau Jawa akan terbelah.

Ramalan itu dihubungkan dengan kegiatan vulkanik di Gunung Slamet yang ada di lima kabupaten di Jawa tengah, yakni Brebes, Banyumas, Purbalingga, Pemalang, dan Tegal.

Bahkan juga, mitos itu juga sampai sekarang ini masih dipercaya masyarakat sekitaran lereng Gunung Slamet. Ditambah lagi, gunung dengan ketinggian 3.428 mtr. itu ada hampir di tengah di antara pantai utara dan selatan Jawa.

Cerita ini telah lama berkembang di masyarakat Banyumas dan sekelilingnya yang dihubungkan dengan ramalan Jayabaya. Mereka yakini mitos yang mengatakan Pulau Jawa akan terbelah bila Gunung Slamet meletus.

3. Dibawa Dewa Brahma dan Dewa Wisnu

Salah satunya mitos mengatakan, Gunung Semeru dipercayai sebagai sisi pucuk dari Gunung Meru di India yang diusung oleh Dewa Brahma dan Dewa Wisnu ke Tanah Jawa untuk jadi pasak bumi.

Cerita yang dimuat dalam kitab Tantu Panggelaran itu menjelaskan jika saat sebelum Gunung Semeru ditancapkan, Pulau Jawa masih terombang-ambing di lautan karena tidak ada penekannya.

4. Penunggu Ranu Kumbolo

Misteri Gunung Semeru yang lain ialah cerita penghuni Ranu Kumbolo, danau yang ada pada ketinggian 2.389 mdpl. Di mana warga sekitaran yakin kehadiran dewi berpakaian kebaya kuning di Ranu Kumbolo.

Para pengunjung dilarang mandi, mencuci, bahkan juga membangun tenda dalam jarak 10 mtr. dari bibir danau. Para pengunjung dilarang memancing atau tangkap ikan apa saja di danau itu. Konon, dewi itu suka menjelma jadi ikan emas besar yang bekerja menjaga wilayah itu.

5. Tempat Bersemayam Para Dewa

Pucuk Gunung Semeru dipercayai sebagai tempat bersemayamnya para Dewa Hindu dan jadi penghubung di antara Bumi dan Kahyangan.

Warga Hindu lakukan upacara sesaji ke dewa-dewa di Gunung Semeru tiap 8-12 tahun, saat mereka terima suara gaib dari dewa-dewa di Mahameru.

Artikel ini sebelumnya telah tayang di okezone.com dengan judul 5 Mitos dan Misteri Gunung Semeru, Ramalan Pulau Jawa Terbelah hingga Kisah Penunggunya

Nah itulah beberapa misteri gunung Semeru. Semoga informasi ini bermanfaat.

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut