get app
inews
Aa Read Next : Kisah Aditya, Bocah 13 Tahun di Kediri Rela Tak Sekolah demi Merawat Kedua Orang Tuanya yang Sakit

Antisipasi Cuaca Ekstrim, Kota Batu Punya Alat Deteksi Cuaca

Jum'at, 25 November 2022 | 10:21 WIB
header img
Alat AWS Milik Pemkot Batu (Jurnalpagi)

Batu, iNews.id - Mengingat cuaca di wilayah Indonesia yang tidak menentu, sejumlah upaya dilakukan oleh pemkot untuk antisipasi berbagai kemungkinan bencana tak terduga. Terkait hal tersebut, pemkot Batu telah melangkah kedepan untuk mendeteksi cuaca ekstrim di wilayahnya.

Daerah Kota Batu, Jawa Timur, mempunyai Automatic Weather Station (AWS) yang disebut sistem terpadu untuk mengetahui cuaca ekstrem dengan kumpulkan data cuaca secara otomatis lalu diolah secara sistematis.

Dwi Budi Sutrisno, Sekretaris Utama Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Batum mengatakan, jika kehadiran AWS itu jadi patokan yang penting dalam riset karena mempunyai beberapa kemampuan untuk lakukan deteksi cuaca.

"Dengan alat ini, penelitian bisa dilaksanakan lebih gampang karena cuaca bisa teridentifikasi secara sistematis," kata Dwi pada awak media.

Budi menerangkan, kehadiran alat yang terpasang di Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi (IP2T) di Dusun Punten, Kecamatan Bumiaji itu sanggup mengetahui kecepatan angin, arah angin, temperatur udara, kelembapan dan curah hujan.

Menurutnya, kehadiran AWS itu berperan untuk mengetahui ada kemungkinan cuaca ekstrem supaya bisa jadi cara mengantisipasi terjadinya kemungkinan musibah.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menjelaskan, disamping berperan sebagai sistem yang mengetahui cuaca ekstrem, alat itu memberikan dukungan riset yang sudah dilakukan di IP2T untuk hasilkan bibit jeruk berkualitas unggul.

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut