get app
inews
Aa Read Next : Meresahkan, Kawanan Begal Sasar Ojek Online di Kota Batu

Hujan Lebat, Tebing Berukuran 8 Meter di Kawasan Batu Mengalami Longsor

Jum'at, 25 November 2022 | 10:43 WIB
header img
tebing longsor di Batu, Jawa Timur (sindonews)

BATU, iNews.id - Untuk anda yang berencana ke Kota Batu atau mau melintasi jalan Batu - Kediri sebaiknya berhati-hati, karena di cuaca ekstrim belakangan ini sangat berbahaya. Banyaknya tebing tinggi di sekitar jalur Batu - Kediri membuat pengendara harus selalu waspada.

Hujan lebat yang mengguyur Kota Batu selama beberapa jam membuat tebing dengan tinggi 8 meter mengalami longsor dan membuat arus lalu lintas jalan provinsi terganggu. Karena musibah tersebut, mengakibatkan arus lalu lintas dari Kota Batu ke arah Kediri macet.

Agung Sedayu, Kepala BPBD Kota Batu menerangkan, jika hujan lebat yang mengguyur kawasan Batu dan perbatasan Kedidi -Malang membuat tebing dengan tinggi 8 meter di Jalan Trunojoyo atau kawasan Payung 2 Kelurahan Songgokerto, Kota Batu, mengalami longsor.

Peristiwa tebing longsor di kawasan Payung, Batu ini terjadi pada Kamis Malam (24/11/2022) pada jam 18.10 WIB. Dalam musibah tersebut, beruntung tidak ada korban jiwa maupun korban luka.

"Kondisi tanah di tebing itu labil sesudah diguyur hujan, yang menyebabkan tebing dengan dimensi panjang 4 meter, lebar 4 meter dan tinggi 8 meter, longsor," ujar Agung Sedayu dikutip dari laman Sindonews.

Imbas dari kejadian tersebut, arus lalu lintas dari Kota Batu ke arah Pujon, Kabupaten Malang sampai Kabupaten Kediri atau sebaliknya juga terganggu. Petugas mau tak mau lakukan sistem buka tutup arus saat pembersihan material longsor berbentuk tanah dan tanaman itu.

"Arus jalan raya penyambung Kota Batu ke Pujon, Kabupaten Malang terganggu," katanya.

Sampai Kamis malam, petugas masih berjibaku bersihkan material longsor dan memberi pertanda rambu supaya pengendara yang melewati lokasi longsor waspada.

"Imbauan ke warga pengguna jalan supaya waspada dan siaga saat melewati kawasan rawan musibah pada musim hujan," ujarnya.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut