get app
inews
Aa Read Next : Meresahkan, Kawanan Begal Sasar Ojek Online di Kota Batu

Festival Sego Ampok di Kota Batu Bentuk Pelestarian Makanan Tradisional

Sabtu, 03 Desember 2022 | 14:34 WIB
header img
festival sego ampok (pemkot Batu)

BATU, iNews.id - Pemerintahan Kota (Pemkot) Batu lewat Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, beberapa waktu lalu telah kembali melangsungkan Festival Sego Empok sesudah tidak ada selama 2 tahun karena terjadi wabah Covid-19 di Indonesia.

Aktivitas itu kembali diadakan pada hari Kamis (1/12/2022) di halaman Balai Kota Among Tani Kota Batu kemarin.Untuk anda yang belum paham dengan Sego Empok, ini merupakan salah satu makanan tradisional yang berbahan dasar jagung.

Di Jawa Timur, umumnya makanan berat itu dihidangkan bersama dengan sayur nangka, ditambah lauk berupa dadar jagung, ikan asin, dan tempe goreng.

Heru Yulianto, selaku Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu menjelaskan, festival itu diselenggarakan dalam rencana menyemarakkan HUT ke-21 Kota Batu dan HUT PKK Kota Batu.

Dalam aktivitas itu, ribuan sego empok dihidangkan dan dikonsumsi bersama dengan para peserta yang hadir. Festival itu diselenggarakan untuk melestarikan makanan tradisional ciri khas Indonesia, sekalian sebagai dukungan ketika krisis pangan dunia sekarang ini.

"Festival ini kami adakan tiap tahunnya untuk mempromosikan produk pangan lokal ke generasi muda dan warga supaya masih tetap lestari. Sego empok di Kota Batu kerap jadi makanan yang dicari oleh wisatawan yang berkunjung," kata Heru kepada awak media.

Tercatat, Festival tahunan ini diikuti oleh 26 kelompok yang menyuguhkan kreativitas sego empok. Mereka terbagi dalam 24 dusun atau kelurahan dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan SMKN 1 Batu.

Hasilnya, diputuskan lima sego empok terbaik karya dari sejumlah daerah yang mengiktui festival tersebut,  yakni dari Desa Beji, Desa Pandanrejo, Desa Sumberejo, Desa Sumbergondo, dan Desa Junrejo.

Kota Batu memiliki beberapa warung makan sego empok yang sering jadi tujuan turis untuk berwisata kulineran. Satu diantaranya Warung Sego Empok Wakini di Dusun Giripurno yang telah diketahui banyak orang.

Zadiem Efisiensi, Sekretaris Daerah Kota Batu mengatakan, sego empok sudah jadi tradisi wajib untuk Pemerintah kota Batu dalam menjamu tamu yang tiba dari luar kota. Ini diharapkan menjadi keunikan Kota Batu karena masih kuat dengan makanan tradisional dengan bahan hasil bumi warga Kota Batu.

"Sego Empok mempunyai keseimbangan nutrisi yang baik untuk badan. Mudah-mudahan Festival Sego Empok 2022 ini sanggup memacu minat warga untuk minat memakan masakan peninggalan budaya lokal yang bergizi dan bercitarasa," ucapnya.

Editor : Dean Ismail

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut