Logo Network
Network

Alun-Alun Batu Bakal Punya Parkiran Bertingkat, Anggaran Dana Rp35 Miliar

Dean Ismail
.
Jum'at, 09 Desember 2022 | 13:36 WIB
Alun-Alun Batu Bakal Punya Parkiran Bertingkat, Anggaran Dana Rp35 Miliar
alun-alun kota Batu (inews)

BATU, iNews.id - Tidak bisa dipungkiri, jika Kota Batu memang menjadi tujuan wisata masyarakat Jawa Timur ketika musim liburan tiba. Sejalan dengan hal itu, rupanya ada sedikit masalah atau bahkan keluh kesah para wisatawan ketika berkunjung kesana.

Salah satu masalah yang paling dikeluhkan oleh para wisatawan adalah ketika mereka ingin berkunjung ke Alun-Alun Kota Batu, di mana mereka kesulitan untuk mendapatkan tempat parkir kendaraan. Selain tempat wisatanya, Alun-Alun ini juga menjadi salah satu pusat tujuan wisatawan ketika bermain ke Batu, jdi tidka heran jika selalu ramai.

Susahnya para wisatawan yang berkunjung ke Alun-Alun Kota Batu cari tempat parkir telah dicarikan jalan keluarnya, yaitu parkir bertingkat. Tak main-main, bujet pembangunan gedung parkir bertingkat tersebut diprediksi bakal habiskan dana sekitar Rp 35 miliar. 

Hanya saja untuk mewujudkan hal tersebut tidak akan terjadi dalam waktu dekat, karena kemungkinan baru terlaksana sekitar 2 tahun lagi, yakni pada tahun 2024 mendatang.

Seperti diberitakan, tingginya jumlah wisatawan berpengaruh pada krisis tempat parkir di kawasan Alun-Alun Kota Batu. Apa lagi saat akhir pekan, jumlah wisatawan di alun-alun naik drastis dibanding hari biasa, sementara tidak ada tambahan tempat parkir yang memadai.

Keadaan berikut ini yang membuat Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu merencanakan membuat gedung parkir bertingkat sebagai salah satu solusinya.

Imam Suryono, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Batu Imam Suryono menjelaskan, parkir khusus untuk pengunjung Alun-Alun Kota Batu ini diperkirakan dengan tinggi tiga lantai. Lokasinya di Jalan Kartini, dengan luas tempat 3.000 meter persegi. "Disamping supaya tidak mengganggu kenyamanan di pedestrian alun-alun, untuk mendongkrak PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Batu," Kata Imam ke awak media.

Ia menjelaskan, lantai satu dan dua nanti dipakai untuk parkir kendaraan. Dan lantai teratas sebagai pusat kulineran. "Semoga banggar DPRD menyepakati rencana ini (pembangunan gedung parkir bertingkat)," ucapnya.

"Tetapi tahun 2023 depan masih belum pembangunan. Kemungkinan perencanaan dahulu. Nanti pembangunan sekitaran tahun 2024, anggaran sekitaran Rp 35 miliar," tambah pejabat eselon II B Pemerintah kota Batu itu.

Menurut dia, pembangunan gedung parkir ini penting. Mengingat kepadatan wisatawan saat akhir pekan terjadi di Alun-Alun Kota Batu. "Nanti tempat parkir di alun-alun dipindahkan ke gedung parkir, hingga tidak terlalu sesak," kata Imam.

Editor : Dean Ismail

Follow Berita iNews Batu di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.