get app
inews
Aa Read Next : 7 Daftar Air Terjun Tertinggi di Indonesia yang Bikin Takjub, Mau Tahu!

6 Air Terjun Terindah di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Minggu, 01 Januari 2023 | 08:45 WIB
header img
Air Terjun Terindah di Jawa Timur. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Jakarta Kontur Jawa Timur yang bergunung-gunung menjadikan kawasan ini surga untuk mereka yang gemar berpetualang menjamahi keelokan air terjun dengan bermacam karakteristiknya yang menarik. Pemilihan ini pula memikirkan cerita sejarah menarik yang jadi latar belakang keberadaan air terjun tersebut. Berikut 6 air terjun terindah dengan latar belakang cerita yang menarik di Jawa Timur.

6 Air Terjun Terindah di Jawa Timur

1. Air Terjun Madakaripura

Madakaripura ialah air terjun dengan ciri wujudnya yang unik. Keunikan tersebut terletak pada wujud dinding air terjun yang melengkung sempurna. Dengan besar pancur menggapai 170 m, Air Terjun Madakaripura didadulat selaku air terjun paling tinggi serta terindah di Jawa Timur.

Tidak hanya indah, air terjun yang masuk dalam kawasan konservasi Halaman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru ini pula diyakini selaku tempat bertapa Patih Gajah Mada.

2. Air Terjun Puthuk Truno

Air Terjun Puthuk Truno berlokasi di Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Keberadaan Air Terjun Puthuk Truno tidak lepas dari cerita legenda menimpa cerita cinta Joko Taruna serta Sri Gading Lestari.

Mempunyai tinggi pancur menggapai 45 m, air terjun Puthuk Truno pula dilengkapi dengan kolam natural sedalam 1- 2 m. Tidak hanya jernih serta dinging, air terjun Puthuk Truno tidak sempat kering walaupun Jawa Timur lagi dilanda kemarau.

3. Air Terjun Tancak

Air Terjun Tancak di Desa Suci, Kecamatan Panti, Jember, Jawa Timur. Berlokasi sekitar 15 kilometer dari pusat kota Jember, ataupun tepatnya terletak Desa Suci, Kecamatan Panti, Air Terjun Tancak jadi salah satu posisi wisata alam terbaik yang terdapat di Jember.

Air Tancak memanglah diperuntukkan untuk mereka yang gemar petualangan. Pasalnya untuk sampai ke posisi air terjun, para wisatawan wajib melaksanakan tracking menyusuri hutan serta perkebunan masyarakat sepanjang 2 kilometer.

Lokasinya yang masih natural serta airnya yang jernih, menjadikan Tancak selaku salah satu air terjun terindah yang terdapat di Jawa Timur.

4. Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo di Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Air terjun yang mempunyai besar pancur menggapai 40 m ini, dulu ialah tempat menyepi untuk seseorang kakek yang mau mencari arti kehidupan. Dilengkapi dengan bermacam sarana, Air Terjun Kakek Bodo jadi objek wisata alam keluarga yang senantiasa ramai di akhir minggu.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut