get app
inews
Aa Read Next : 5 Gunung Tertinggi di Dunia yang Menakjubkan, Cocok untuk Para Pendaki

7 Gunung di Jawa Timur Dengan Jalur Pendakian Paling Mudah

Senin, 02 Januari 2023 | 04:39 WIB
header img
Gunung di Jawa Timur. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Mendaki gunung ataupun mount climbing barangkali telah bukan perihal yang aneh buat dicoba. Aktivitas ini buat sebagian orang sudah jadi suatu lifestyle.

Di golongan generasi muda, aktivitas ini pula seolah memiliki citra yang eksklusif ataupun keren. Terlebih dengan kedatangan sosial media yang dapat jadi tempat buat memberikan foto selfie di atas puncak gunung dengan latar hamparan awan putih yang bergelombang.

Tetapi lebih dari itu memanglah mendaki gunung merupakan suatu perihal yang sangat menyehatkan badan. Dengan melaksanakannya, kita dapat lebih dekat dengan alam serta seluruh kebaikannya. Hawa yang sejuk, jauh dari polusi sangat dapat jadi fasilitas buat merefresh otak dari penatnya rutinitas keseharian.

Bicara soal gunung, jelas Negeri kita juaranya. Indonesia memiliki banyak sekali gunung dengan panorama alam luar biasa indah dengan jalan pendakian yang pula bermacam- macam.

Terdapat yang biasa- biasa saja( gampang), sedang dan ada pula yang susah ataupun terjal. Gunung- gunung yang indah tersebut nyaris di tiap provinsi di Indonesia. Salah satunya yang sangat banyak adalaht ada di provinsi Jawa Timur.

Serta berikut ini kami sediakan catatan gunung di jawa timur dengan jalan pendakian termudah. Maksudnya sesuai untuk pendatang baru yang baru mendaki. Sesuai pula untuk para pekerja dengan agenda padat yang cuma memiliki waktu luang di akhir minggu saja.

7 Gunung di Jawa Timur Dengan Jalur Pendakian Paling Mudah

1. Gunung Bromo

Di urutan awal kita memiliki Gunung Bromo. Barangkali sudah tidak asing nama gunung ini terdengar. Panorama alam alamnya yang indah membuat gunung ini diketahui bukan cuma di Indonesia, tetapi pula hingga ke luar negara.

Yang menarik merupakan gunung Bromo ini terletak di 4 daerah kabupaten. Ialah meliputi Pasuruan, Lumajang, Probolinggo serta Malang. Akses mengarah Bromo pula terbilang gampang, dari Surabaya ataupun Malang dapat ditempuh dengan waktu 3 jam saja mengarah puncak pendakian.

Oleh karenanya, tidak heran objek wisata Bromo ini sangat ramai didatangi, spesialnya pada weekend ataupun hari libur yang lain. Seperti disebut di atas, turis yang tiba bukan cuma dari local, melainkan pula dari mancanegara.

Panorama sunset yang indah seolah tidak dapat dilewatkan bila berkunjung ke mari. Campuran antara hamparan lautan pasir dengan kabut gunung menjadikan Bromo seolah tiada duanya.

Di pagi hari pula jangan hingga kelewatan melihat panorama alam sunrise yang indah tiada tara. Setelahnya dapat dilanjut dengan berjalan menelusuri lautan pasir buat dapat menggapai puncak kawah Bromo.

Triknya tidak wajib berjalan kaki, tetapi bisa dengan aneka berbagai opsi transportasi semacam motor, menyewa jeep, ataupun apalagi kuda. Dikala di puncak, barulah hendak nampak Gunung Bromo dengan kepulan asapnya yang mempesona.

Saat ini ini telah terdapat sebagian jasa yang sediakan paket bromo tour secara lengkap yang nantinya hendak memandu Kamu menyusuri tiap sudut Gunung Bromo, pastinya dengan harga yang ramah di kantong. Jadi tidak butuh takut.


Puncak B29. (iNews.id)

2. Puncak B29

Puncak ini pula diketahui dengan julukan negara di atas awan. Bisa jadi terdapat sebagian di antara kamu yang bertanya mengapa namanya puncak B29. Simpel saja sesungguhnya, alasannya kawasan B29 ini masih masuk dalam bagian Taman Nasional Bromo serta mempunyai ketinggian ialah 2. 900 m di atas permukaan laut( mdpl). Terletak di Desa Argosari, Senduro Kabupaten Lumajang.

Dari Surabaya diperlukan waktu dekat 3- 4 jam buat menggapai ke kawasan ini. Di puncak B29 ini Kamu dapat menikmati panorama alam sunrise yang indah. Hamparan lautan awan yang bergelombanga hendak menghiasi puncak dengan suguhan panorama Gunung Semeru yang gagah menjulang. Sangat panorama alam alam yang elok tiada tara.

3. Kawah Ijen

Sedikit beralih ke arah timur, kita pula memiliki Gunung Ijen ataupun Kawah Ijen. Ketaknya terdapat di area perbatasan Banyuwangi serta Bondowoso, Jawa Timur.

Buat akses ke mari pula terbilang jelas dan mudah dicapat. Selaku patokan buat yang dari Surabaya dapat menempuh ekspedisi sepanjang 8– 9 jam lama buat datang di Pos Paltuding Kawah Ijen. Ada pula terkait waktu pendakian hingga ke puncak kawah diperlukan waktu dekat satu separuh( 1, 5) jam.

Sama halnya dengan Gunung Bromo, kawah Ijen pula populer hingga ke luar negara. Salah satu yang jadi energi tarik merupakan atas keberadaan api biru( blue fire) yang sangat sangat jarang.

Bersumber pada informasi, cuma terdapat 2 api biru di dunia, awal di islandia serta satunya lagi di Gunung Bromo ini. Ada pula buat melihatnya dapat dicoba pada waktu dini hari hingga waktu fajar ialah kisaran jam 2 hingga 4 pagi.

4. Gunung Kelud

Sehabis Gunung Bromo serta Kawah Ijen, gunung selanjutnya yang pula jadi kesukaan merupakan Gunung Kelud. Posisinya terletak perbatasan kota Malang- Kediri serta Blitar, tepatnya di Kecamatan Ngancar, Kediri.

Di situ ada suatu danau kawah dengan warna hijau toska yang nampak begitu eksotis. Terdapat pula wisata air panas yang ikut menaikkan pesona Gunung Kelud. Gimana atmosfer dingin di situ dapat diatasi dengan berendam di pemandian air panas.

Tidak hanya itu selaku akibat terdapatnya erupsi gunung pada tahun 2007, menyebabkan gunung ini setelah itu memiliki“ Anak Gunung Kelud”. Buat urusan akses jalur, tidak butuh takut. Keadaan jalan pendakian mengarah puncak Kelud terbilang bagus. Sajian panorama alam alamnya pula indah.

Tetapi yang butuh dicermati merupakan kita tidak diperbolehkan mendaki mendekati kawasan kawah. Gunung kelud ini dapat Kamu peruntukan alternative buat semata- mata refreshin serta melepas penat.

5. Gunung Pundak

Selanjutnya merupakan Gunung Pundak dengan ketinggian dekat 1. 547 mdpl. Posisinya merupakan di kota Mojokerto, Jawa TImur. Ketinggiannya yang masuk dalam jenis rendah pula membuat jalan pendakiannya tidak sangat berat buat ditapaki. Selain itu panorama alam alamnya pula tidak kalah indah dengan gunung- gunung lain yang diucap di atas.

Buat menggapai puncak, dapat ditempuh lewat 2 jalan utama, ialah Jalan Tahura serta Puthuk Siwur. Untuk pendatang baru pula tidak butuh takut dikala menyusuri jalan pendakian.

Sebab telah sangat jelas serta pula didukung dengan keberadaan banyak camp ataupun pos yang dapat dijadikan selaku arahan sekalian tempat istirahat.

Karakteristiknya yang semacam itu menjadikan Gunung Pundak jadi sangat sesuai pendakian ringan ataupun untuk yang cuma mau semata- mata refreshing benak.

6. Gunung Panderman

Satu lagi gunung dengan jalan pendakian yang gampang serta cuma memerlukan waktu dekat 3 jam buat hingga ke puncak. Merupakan gunung Panderman namanya. Terletak di Ds Toyomerto, Kel. Songgokerto, Pesanggrahan, Batu Malang. Gunung ini mempunyai ketinggian 2045 mdpl.

Kamu yang pendatang baru ataupun yang cuma memiliki waktu luang di akhir minggu dapat berupaya Gunung Panderman ini selaku fasilitas melepas penat. Sebab medannya yang tidak sangat berat serta jalan pendakian yang dapat dibawa santai.

Terlebih bila Kamu memutuskan buat mendaki pada malam hari, hingga suguhan panorama alam indah diiringi kerlap- kerlip lampu di sekitaran kota Batu jadi hiasan malam yang indah ditatap. Dapat rasanya buat sekejap istirahat serta menyeruput segelas kopi sembari melihat keindahannya.

7. Gunung Penanggunga

Terakhir merupakan gunung Penanggungan. Gunung ini pula jadi salah satu yang difavoritkan oleh para pendaki di daerah Malang, Surabaya serta Probolinggo. Ketinggaiannya cuma dekat 1. 653 mdpl. Gunung yang terletak di Kab. Pasuruan serta Mojokerto ini tidak mempunyai sumber air. Yang mana menjadikannya sedikit menantang.

Waktu yang dibutuhkan buat mencapai puncak merupakan dekat 3 jam. Terdapat sebagian jalan daki yang dapat diambil bila hendak menggapai puncak. Tetapi mayoritas mengambil jalan pendakian lewat Tamiajeng. Alasannya jalan ini dirasa lebih pendek serta pendek buat ditempuh nyatanya.

Berbeda dengan jalan satunya ialah via Jolotundo yang buat sampai ke puncak diperlukan paling tidak 6 jam perjalanan, tetapi selama perjalanannya kamu hendak disuguhkan banyak sekali aset web sejarah yang menarik buat ditengok. Jadi silakan disesuaikan, ingin seleksi jalan yang mana.

Sebagaimana gunung yang lain, Gunung Penanggungan pula senantiasa dipenuhi pendaki pada akhir minggu, sebab treknya yang terbilang ringan serta gampang dijangkau dari pusat kota Surabaya.

Nah itu tadi ulasan tentang 7 gunung di jawa timur dengan jalan pendakian termudah yang dapat dijangkau dengan waktu pendek sampai ke puncak. Tetapi kendati demikian, panorama alam yang ditawarkan pula sangatlah indah.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut