get app
inews
Aa Read Next : 10 Tips Merawat Ikan Nemo di Rumah yang Perlu Dilakukan

7 Cara Merawat Ikan Guppy Agar Tak Mudah Mati, Pendatang baru Harus Baca!

Sabtu, 07 Januari 2023 | 20:42 WIB
header img
Cara Merawat Ikan Guppy. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Cara merawat ikan guppy di akuarium nyatanya tak susah. Asal memerhatikan sebagian aspek, guppy di rumah hendak awet serta tidak mudah mati. Ikuti di mari! Wujudnya sekilas mirip ikan cupang serta dia sering jadi opsi pencinta ikan hias buat dipelihara…

Salah satu tipe ikan hias air tawar yang bisa jadi sangat terkenal di antara yang lain. Aspek yang membuat guppy banyak digandrungi serta dipelihara sebab dia relatif mudah dirawat.

Tidak hanya itu, tampilan ikan yang satu ini lumayan menawan dan menawan, sehingga sempurna buat dipelihara di akuarium ataupun aquascape di rumah.

Untuk pencinta ikan hias, ikan guppy memiliki julukan selaku‘ ikan seribu’. Alasannya, dia mudah dikembangbiakkan serta sering dipelihara dalam jumlah yang banyak.

Hendak namun, walaupun mudah dipelihara, apabila kalian asal merawatnya, guppy sesungguhnya lumayan rentan serta mudah mati. Buat seperti itu, dalam postingan ini Kabar 99. co Indonesia hendak membuat pembahasan menimpa cara merawat ikan guppy bermacam tipe.

7 Cara Merawat Ikan Guppy Agar Tak Mudah Mati

Merangkum bermacam sumber, ini ia penjelasan sepenuhnya.

1. Melindungi Mutu Air di Akuarium

Telah disinggung di atas, bila guppy ialah ikan hias yang kokoh serta mudah kalian rawat. Tetapi, senantiasa saja tempat di mana guppy tinggal wajib kalian perhatikan dengan baik.

Salah satunya yakni melindungi mutu air di dalam akuarium. Yakinkan apabila mutu air terletak di angka 6, 8 hingga 72 pH yang bisa dipantau memakai perlengkapan spesial. Mengenai temperatur, jaga temperatur air di antara angka 25 derajat celcius; dari 24 hingga 28 derajat celcius.

2. Kiat Mengubah Air Akuarium

Cara merawat ikan guppy berikutnya hendak mangulas menimpa trik mengubah air akuarium. Nyatanya dikala mensterilkan air, tak baik apabila memindahkan guppy ke wadah lain tidak hanya akuarium.

Hingga dari itu, kala hendak mensterilkan akuarium, buang air sebanyak 15 persen saja dari total kapasitas. Selanjutnya, bilas akuarium dengan sisa air serta ikan guppy di dalam akuarium, memakai bermacam perlengkapan spesial.

Bila telah bersih, kalian bisa menaikkan air baru, sebanyak 15 persen ataupun semacam semula. Catatan yang lain, seringlah menghabiskan air akuarium guppy, minimun satu sampai 2 pekan sekali.


Cara Merawat Ikan Guppy. (sindonews.com)

3. Buat Seragam Habitat Asli

Biar guppy hidup betah serta tak mudah tekanan pikiran, coba atur akuarium semacam habitat asli di alam. Untuk pegiat aquascape, perihal ini pasti bukan jadi soal. Kalian dapat menaikkan aneka tumbuhan air, bebatuan, ataupun gua buatan di dalam akuarium.

4. Pasang Lampu di dalam Akuarium

Jangan kurang ingat pula buat memasang lampu di dalam akuarium. Itu sebab tipe guppy hendak berkembang dengan baik apabila disinari sinar sepanjang 8 jam penuh.

5. Tipe Pakan Ikan Guppy

Perihal yang tak boleh kalian lewati pula merupakan membagikan pakan bermutu untuk ikan guppy. Cara merawat ikan guppy yang satu ini lumayan krusial. Sebagian pakan yang direkomendasikan yakni jentik nyamuk, cacing, serta kutu air.

Tetapi, kalian tak boleh langsung membagikan pakan di atas. Bila pakan di atas kalian miliki dari got ataupun dalam keadaan kotor, tolong bilas dahulu. Tidak hanya itu, tipe pelet serbuk juga lumayan baik selaku pakan ikan guppy. Frekuensi pemberian pakan lumayan 2 kali dalam satu hari, dapat dicoba pagi serta sore hari.

6. Lekas Rawat Ikan yang Sakit

Andai kalian memandang terdapat ikan guppy yang gerak- geriknya aneh serta berbeda, semacam cara berenangnya tak wajar, bisa jadi dia tengah sakit. Lekas pisahkan ikan tersebut di wadah spesial agar tak menulari ikan yang lain. Kemudian, obat ikan sakit itu dengan obat spesial, semacam tetes ikan.

7. Satukan dengan Ikan yang Tidak Agresif

Ikan guppy pada dasarnya lumayan ramah serta dapat berteman dengan tipe ikan hias yang lain. Tetapi semata-mata anjuran, satukan guppy dengan tipe ikan yang tidak kasar buat menjauhi perihal yang tak di idamkan di dalam aquascape ataupun akuarium. Karena, dimensi kecil dari guppy terkadang mengundang ikan yang lebih besar buat memburunya. 

Itulah cara merawat ikan guppy agar tak mudah mati yang harus diketahui. Semoga berguna dan bermnafaat!

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut