get app
inews
Aa Read Next : Meresahkan, Kawanan Begal Sasar Ojek Online di Kota Batu

Rawan Kecelakaan, 3 Jalur di Kota Batu ini Wajib Diwaspadai

Selasa, 10 Januari 2023 | 10:22 WIB
header img
ilustrasi kecelakaan (inews)

BATU, iNews.id - Untuk anda yang berencana liburan ke Kota Batu, sebaiknya awasi beberapa jalur di rawan kecelakaan di Kota Batu berikut ini. Nah salah satu kawasan tersebut berada di Jalan Ir Soekarno, hal tersebut  karena banyaknya pengendara yang ingin mendahului kendaraan lain di jalan sempit dengan lalu lintas yang padat.

Disinyalir itulah menjadi pemicu utama terjadinya kecelakaan di daerah tersebut. Selain daerah tersebut, ada dua jalur lain yang layak untuk diawasi karena rawan kecelakaan, yakni Jalan Rajekwesi serta jalur di Kecamatan Pujon yakni jalan Abdul Manan.

Khusus untuk Jalan Abdul Manan, kondisi jalannya yang lurus dan lebar membuat pengendara cenderung memacu kendaraanya dengan kencang. Laju kencang dari kendaraan ini yang diduga jadi pemicu utama sering terjadinya kecelakaan di Jalan Abdul Manan tersebut.

Sementara itu untuk kecelakaan yang terjadi di Jalan Rajekwesi ini diduga karena masalah rem blong. Pasalnya banyak pengendara dari arah Pujon menuju Kota Batu harus melalui banyak turunan tajam dan berliku. Dan bagi pengendara yang tidak siap tentu bisa mengalami kecelakaan disana.

Secara keseluruhan, sepanjang tahun 2022 di wilayah hukum Polres Batu terdapat 263 kasus kecelakaan. Di mana wilayah hukum tersebut meliputi Kecamatan Kasembon, Kecamatan Ngantang, Kecamatan Pujon, Serta Kota Batu.

"Penyebab kecelakaan karena pengendara kurang sadar akan pentingnya keselamatan, dan kurang berhati-hati," kata AKP Lya Ambarwati, Kasatlantas Polres Batu pada awak media.

Khamim Tohaari, Ketua Komisi C DPRD Kota Batu, menjelaskan jika Jalan Ir Soekarno perlu perluasan jalan. Menurut dia, volume kendaraan yang lewat di Jalan Ir Soekarno makin bertambah, tetapi tidak diimbangi dengan badan jalan yang seharusnya semakin lebar.

"Itu termasuk jalan provinsi. Kami berharap Pemerintah provinsi Jawa timur segera memperlebar badan jalan di Jalan Ir Soekarno. Perluasan jalan ini untuk kurangi kecelakaan dan kemacetan," kata Khamim.

Khamim mengimbau pengendara berhati-hati saat berkendaraan di lajur rawan kecelakaan.

"Pengendara juga harus mematuhi rambu jalan raya," terangnya.

Pemerintah kota Batu perlu berperan dalam pengurangan angka kecelakaan ini. Surya telah coba menghubungi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu, Imam Suryono. Tetapi sampai informasi ini dimuat, Imam belum memberi respon.

Editor : Dean Ismail

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut