get app
inews
Aa Read Next : Cara Merawat Ikan Mickey Mouse Yang Baik dan Benar

10 Tips Merawat Ikan Nemo di Rumah yang Perlu Dilakukan

Minggu, 15 Januari 2023 | 09:47 WIB
header img
Tips Merawat Ikan Nemo di Rumah. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Kalian tertarik buat memelihara ikan nemo di rumah? Tahu dahulu sebagian tipsnya berikut ini, supaya si nemo dapat senantiasa bertahan hidup. Bagi pecinta ikan tentunya tidak asing dengan hewan yang cantik dan indah ini. Namun perlu diketahui, tips merawat ikan nemo di rumah yang perlu dilakukan.

10 Tips Merawat Ikan Nemo di Rumah

Dikutip dari bermacam sumber, berikut sebagian tips merawat ikan nemo di rumah, ialah merupakan:

1. Seleksi Tipe Ikan nemo

Tips merawat ikan nemo yang awal merupakan, dengan memilah tipe ikan nemo manakah yang kalian mau. Walaupun di film Finding Nemo, ikan nemo ditafsirkan mempunyai badan bercorak oranye serta garis- garis putih, kenyataannya tipe ikan nemo tidak cuma itu saja lho.

Bersumber pada ulasan yang terdapat di web rimbakita. com, berikut sebagian tipe ikan nemo yang dapat kalian peruntukan opsi, ialah merupakan:

  • Ikan nemo Oranye( Amphiprion percula)

Ini ialah salah satu tipe ikan nemo yang sangat populer serta banyak dicari oleh warga di segala dunia. Memanglah tidak heran, memandang kalau ikan nemo dengan nama latin Amphiprion percula pula ikut ditampilkan di dalam film legendaris, Finding Nemo.

Hendak namun, banyak pecinta ikan hias yang hadapi kesulitas membudidayakan ikan ini, sebab memerlukan perawatan intensif dengan dana yang terkategori tidak sedikit.

  • Ikan nemo Merah Marun( Premnas biaculeatus)

Tipe ikan nemo berikutnya merupakan ikan nemo merah marun. Cocok dengan namanya, ikan ini mempunyai campuran warna merah marun serta corak putih yang menawan.

Ikan dengan nama latin Premnas biaculeatus ini diperkirakan dapat berkembang menggapai 17 centimeter serta sangat sesuai dipelihara di dalam akuarium.

  • Ikan nemo Ocellaris( Ocellaris Clownfish)

Nah, tipe ikan nemo yang terakhir merupakan Ocellaris Clownfish ataupun dapat pula diucap selaku ikan nemo Ocellaris. Tipe ikan satu ini kerapkali ditemui di kawasan perairan Jepang, Australia Utara, sampai Asia Tenggara, serta terkategori mempunyai warna yang unik, ialah corak gelap serta putih.

Tidak hanya itu, ikan nemo Ocellaris pula mempunyai tampilan yang sedikit berbeda dibanding tipe ikan yang lain, sebab cenderung lebih gendut, gempal, serta hampir oval.

2. Siapkan Akuarium dengan Dimensi Ideal

Tips merawat ikan nemo berikutnya merupakan, dengan mempersiapkan akuarium yang mempunyai dimensi sempurna. Biasanya, dimensi badan ikan nemo dapat menggapai 15 centimeter, sehingga yakinkan kalau akuarium yang kalian miliki dapat menampung dimensi badan mereka.

Idealnya, kalian dapat memakai akuarium dengan dimensi 90 x 30 x 38 centimeter. Tidak hanya itu, butuh diingat pula kalau umumnya ikan nemo memanglah memerlukan ruang yang lebih luas dibanding ikan air tawar.

3. Pakai Air Laut Berkualitas

Kala berdialog tentang tips merawat ikan nemo, hingga jangan lupakan mutu dari air yang kalian pakai. Supaya ikan tidak gampang stress, hingga alangkah lebih baiknya bila air yang digunakan pula mempunyai mutu yang baik.

Serta air bermutu pula pastinya tiba dari kebersihan, bukan? Sehingga, yakinkan pula kalau kalian giat mensterilkan akuarium. Sebab ikan nemo itu sendiri ialah salah satu tipe ikan laut, hingga gunakanlah air laut buat menghasilkan tempat tinggal mereka.

Biasanya, jumlah kebutuhan air di akuarium sebanyak 10 liter per 3 centimeter dimensi ikan. Kalian dapat menanyakan ini kepada pakarnya kala hendak membeli ikan nemo buat dipelihara.


Tips Merawat Ikan Nemo di Rumah. (okezone.com)

4. Teratur Mengubah Air Akuarium

Ikan nemo memanglah sangat tergantung pada perairan tempat mereka tinggal. Oleh sebab itu, tidak hanya memakai air laut asli, kalian pula butuh mengubah air akuarium secara teratur.

Tetapi, ini pula berhubungan dengan filter air yang kalian pakai itu sendiri. Bila filter akuarium mempunyai mutu lumayan bagus, hingga kalian dapat mengubah air sebagian bulan sekali.

Hendak namun, bila filter air yang digunakan dirasa kurang baik, hingga paling tidak air ditukar tiap sebulan sekali. Butuh diingat kalau ikan nemo hidup di air yang senantiasa bersih. Jadi, senantiasa yakinkan kalau air akuarium senantiasa dalam kondisi bersih.

5. Pelihara Lebih dari Satu Ikan nemo

Sama halnya dengan manusia, ikan nemo pula ialah makhluk sosial. Sehingga, buat meminimalisir stress, alangkah lebih baiknya bila kalian pelihara lebih dari satu ikan nemo di dalam akuarium.

Tetapi, yakinkan pula kalau jumlah ikan yang terdapat di dalam akuarium tidak sangat padat. Sesuaikan dengan dimensi akuarium yang kalian miliki. Tidak hanya itu, upayakan pula buat membeli ikan nemo dengan spesies yang sama, guna menghindari terbentuknya perkelahian buat memperebutkan daerah.

6. Atur Temperatur Akuarium Cocok Habitat Aslinya

Tips merawat ikan nemo berikutnya merupakan, dengan senantiasa membiasakan temperatur di akuarium dengan habitas aslinya, supaya ikan nemo tidak stress sebab susah menyesuaikan diri.

Umumnya, temperatur di akuarium dapat terletak di antara 24 sampai 27 derajat celcius, yang membuat ikan nemo bisa berenang dengan aman. Butuh diingat kalau ikan nemo yang hadapi stress hendak membagikan kesempatan besar mereka buat kilat mati. Sehingga, kenyamanan sangatlah berarti kala memelihara ikan lucu satu ini.

7. Tambahkan Batu serta Coral di dalam Akuarium

Meningkatkan riasan semacam batu serta coral di dalam akuarium pula ialah salah satu tips merawat ikan nemo yang tidak boleh ketinggalan. Perihal ini diperlukan buat menghasilkan kemiripan antara akuarium serta habitat asli mereka. Dengan begitu, ikan nemo hendak lebih gampang menyesuaikan diri serta tidak gampang stress.

8. Tambahkan Anemon Laut

Tidak hanya batu serta coral, anemon laut pula ialah salah satu aspek yang membuat ikan nemo merasa lebih aman. Semacam yang sudah dipaparkan lebih dahulu, kalau anemon laut serta ikan nemo mempunyai ikatan simbiosis mutualisme yang begitu harmonis.

Sehingga, alangkah lebih baiknya bila kalian ikut meningkatkan anemon laut di dalam akuarium, guna menghasilkan kemiripan dengan habitat asli dari ikan nemo itu sendiri. Cuma saja, butuh dikenal kalau tidak seluruh tipe anemon laut sesuai buat dijadikan satu dengan ikan nemo.

Karena, terdapat sebagian spesies anemon yang malah dapat menusuk ikan nemo sampai mati. Jadi, yakinkan pula kalau kalian memilah tipe anemon laut yang cocok.

9. Santapan yang Tepat

Nah, tips merawat ikan nemo yang terakhir merupakan, yakinkan kalau kalian membagikan mereka makan dengan pas. Ikan nemo ialah hewan omnivora. Kalian dapat berikan mereka santapan hidup, santapan beku, sampai serpihan santapan.

Apabila kalian mau membagikan santapan beku, hingga jangan kurang ingat buat mencairkannya terlebih dulu. Salah satu keuntungan menjadikan ikan selaku hewan peliharaan merupakan, sebab mereka tidak sangat ribet dengan santapan.

Biasanya, ikan nemo butuh diberi makan 2 hingga 3 kali dalam satu hari. Yakinkan kalau kalian pula tidak membagikan mereka sangat banyak santapan.

Metode mengetahuinya, kalian dapat liat bagian dasar akuarium. Apabila ada sisa santapan di bawah akuarium, hingga bisa dijadikan patokan kalau kalian berikan mereka sangat banyak makan. 

Itulah tips merawat ikan nemo di rumah yang perlu diketahui. Semoga berguna dan bermanfaat!

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut