get app
inews
Aa Read Next : 10 Tips Merawat Ikan Nemo di Rumah yang Perlu Dilakukan

5 Cara Budidaya Ikan Gurame yang Tepat dan Benar

Rabu, 11 Januari 2023 | 13:47 WIB
header img
Cara Budidaya Ikan Gurame. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Budidaya ikan gurame pastinya memerlukan kesabaran serta intensitas. Tetapi, kesuksesan bisa jadi motivasi buat terus melangkah. Cara budidaya ikan gurame pula wajib dicoba dengan efisien, supaya budidaya bisa berhasil.

5 Cara Budidaya Ikan Gurame yang Tepat

Ini ia 5 cara ternak ikan gurame yang tepat!

1. Persiapan Kolam

Supaya bisa membuat kolam yang baik, Ayah/ Bunda wajib memilah posisi yang tepat. Posisi kolam wajib menemukan sinar matahari secara langsung. Tidak hanya itu, temperatur kolam yakinkan pada rentang 26- 28 derajat celcius supaya ikan gurame berkembang maksimal.

Ayah/ Bunda bisa membuat kolam berdimensi 8 x 10 x 1 m. Tipe kolam bisa berbentuk kolam terpal, kolam tanah, ataupun kolam semen. Saat sebelum memasukan ikan gurame, Ayah/ Bunda pula butuh meningkatkan kapur pertanian sebanyak 200 gr per meternya.

2. Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit ikan gurame yang unggul jadi aspek kesuksesan dalam budidaya. Memilih bibit berdimensi 2 centimeter yang lincah serta sehat. Biasanya bibit yang baik mempunyai bobot dekat 100 gr.

3. Pemberian Pakan

Dalam pemberian pakan, Ayah/ Bunda butuh mencermati sebagian aspek berarti, mulai dari tipe pakan, frekuensi pemberian pakan, serta jumlah pakan yang diberikan. Ayah/ Bunda pula bisa membagikan pakan alternatif semacam maggot, dedak, ampas ketahui, serta bekicot.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut