get app
inews
Aa
Read Next : Meresahkan, Kawanan Begal Sasar Ojek Online di Kota Batu

DItargetkan, Pembangunan Pasar Induk Kota Batu Selesai Tahun Ini

Senin, 30 Januari 2023 | 16:51 WIB
header img
Ilustrasi pasar

BATU, iNews.id - Pembangunan pasar induk Kota Batu Jawa Timur ditarget Selesai pada bulan Mei 2023 ini. Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan laporan jika sekarang ini pembangunan konstruksi pasar induk Kota Batu telah capai 84,31 %.

"Ditarget usai pada Mei 2023 ini," diambil dari akun twitter resmi resmi Kementerian PUPR @KemenPU.

Pasar Induk Kota Batu dibangun dengan tinggi 3 lantai yang berada di atas area seluas 44.525 m2. Dalam tiga lantai ini dibagi menjadi beberapa area, untuk lantai 1 sebagai area basah, lantai 2 sebagai area kering, dan lantai 3 sebagai zona makanan dan kulineran.

Perlu anda ketahui, untuk jumlah total kios Pasar Induk Kota Batu tersebut sekitar 1.733 unit dan keseluruhan los 1.033 unit. "Pasar ini akan memprioritaskan efisiensi listrik, air, dan ramah lingkungan hingga bangunan dipercaya aman, nyaman, sehat, ramah wanita, anak dan difabel," terangnya.

Tidak cuma untuk terminal komoditi pertanian maupun distributor bahan pokok, namun keberadaan dari pasar induk Kota Batu ini diharap menjadi daya tarik pelancong yang berkunjung ke Kota Batu, Malang dan sekelilingnya, termasuk Kawasan Vital Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-Semeru.

Untuk dipahami, dalam pembangunan Pasar Induk Kota Batu ditangani oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR lewat permodalan APBN tahun 2021-2023 yang totalnya mencapai Rp168 miliar.

Area kerjanya meliputi pembangunan secara detail bangunan utama pasar dan sarana pendukungnya seperti tempat sampah, rumah pompa, dan lansekap demi mendukung aktifitas para masyarakat yang berkunjung nanti.

Editor : Dean Ismail

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut