get app
inews
Aa Read Next : Jangan Bingung, Inilah 5 Cara Mudah untuk Screenshot Layar di Laptop

3 Cara Screenshot di Laptop dengan Mudah dan Benar

Rabu, 22 Februari 2023 | 10:34 WIB
header img
Cara Screenshot di Laptop. (okezone.com)

BATU, iNewsBatu.id - Screnshot atau tangkapan layar adalah proses mengambil gambar dari layar komputer atau laptop. Screnshot seringkali dibutuhkan dalam berbagai keperluan, mulai dari membuat tutorial, mengambil bukti layar, hingga berbagi informasi pada teman atau rekan kerja. Di sini akan dijelaskan cara screenshot di laptop dengan mudah.

3 Cara Screenshot di Laptop dengan Mudah dan Benar

1. Cara Screenshot di Windows

  1. Screenshot seluruh layar: Tekan tombol "Print Screen" atau "PrtScn" pada keyboard. Hasil tangkapan layar akan tersimpan di clipboard, kemudian Anda bisa mempaste gambar tersebut di aplikasi seperti Paint atau Word.

  2. Screenshot satu jendela aktif: Klik jendela aktif yang ingin diambil screenshot. Tekan tombol "Alt" + "Print Screen" pada keyboard. Hasil tangkapan layar akan tersimpan di clipboard, kemudian Anda bisa mempaste gambar tersebut di aplikasi seperti Paint atau Word.

  3. Screenshot bagian layar tertentu: Tekan tombol "Windows" + "Shift" + "S" pada keyboard. Layar akan menjadi sedikit redup dan Anda dapat menyeret kursor untuk memilih bagian layar yang ingin diambil screenshot. Setelah memilih, hasil tangkapan layar akan tersimpan di clipboard dan Anda dapat mempaste gambar tersebut di aplikasi seperti Paint atau Word.

2. Cara Screenshot di Mac

  1. Screenshot seluruh layar: Tekan tombol "Command" + "Shift" + "3" pada keyboard. Hasil tangkapan layar akan tersimpan di desktop.

  2. Screenshot bagian layar tertentu: Tekan tombol "Command" + "Shift" + "4" pada keyboard. Layar akan menjadi sedikit redup dan Anda dapat menyeret kursor untuk memilih bagian layar yang ingin diambil screenshot. Setelah memilih, hasil tangkapan layar akan tersimpan di desktop.

  3. Screenshot satu jendela aktif: Tekan tombol "Command" + "Shift" + "4" pada keyboard, kemudian tekan tombol "spasi" pada keyboard. Kursor akan berubah menjadi ikon kamera dan jendela yang aktif akan dilingkari oleh warna biru. Klik pada jendela tersebut untuk mengambil screenshot. Hasil tangkapan layar akan tersimpan di desktop.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut