get app
inews
Aa Read Next : Penyebab Motor Tiba-Tiba Mati Saat Digas dan Solusinya

Tradisi Menyambut Hari Raya Idul Adha di Jawa Timur

Sabtu, 15 Juni 2024 | 18:22 WIB
header img
Tradisi unik menyambut hari Raya Idul Adha di Jawa Timur (Foto : iNews.id)

BATU, iNewsBatu.id - Jawa Timur, dengan kekayaan budayanya, memiliki berbagai tradisi unik dalam menyambut Hari Raya Idul Adha. Idul Adha, yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah, merupakan hari raya kedua bagi umat Islam setelah Idul Fitri. 

Hari raya ini memperingati peristiwa bersejarah tentang kesediaan Nabi Ibrahim AS untuk mengorbankan putranya, Ismail AS, sebagai bentuk kepatuhannya kepada Allah SWT.

Namun, Allah SWT menggantikan Ismail AS dengan seekor domba, sehingga peristiwa ini menjadi simbol pengorbanan, keikhlasan, dan ketaatan kepada Allah SWT.

Berikut beberapa tradisi yang populer:

1. Toron di Madura: Tradisi mudik yang dilakukan oleh masyarakat Madura menjelang Idul Adha. Masyarakat Madura yang merantau akan kembali ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga dan merayakan Idul Adha bersama.

2. Nyalase di Madura: Kegiatan berziarah ke makam leluhur seperti orang tua atau kakek dan nenek. Tradisi ini dilakukan pada malam takbiran Idul Adha, di mana masyarakat berbondong-bondong ke makam untuk memanjatkan doa dan membersihkan makam.

3. Terater Nasi di Madura: Tradisi berbagi nasi kepada tetangga dan fakir miskin. Tradisi ini dilakukan sebagai bentuk syukur atas nikmat rezeki yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut