get app
inews
Aa Read Next : Kirab Dua Maskot Pilkada 2024, KPU Situbondo Target 90 Persen Partisipasi Pemilih

Antisipasi Kericuhan Saat Pilkada 2024, Polres Situbondo Gelar Latihan Sispamkota

Selasa, 13 Agustus 2024 | 21:44 WIB
header img
Antisipasi Kericuhan Saat Pilkada 2024, Polres Situbondo Gelar Latihan Sispamkota (Foto: iNewsBatu.id/ Arief Yuda)

SITUBONDO, iNewsBatu.id - Kepolisian Resor Situbondo, Jawa Timur, Selasa, menggelar simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota) dalam upaya antisipasi dan mempersiapkan pengamanan untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

Dalam simulasi pengamanan pilkada oleh petugas gabungan dari kepolisian, TNI dan Linmas itu diskenariokan ada demonstrasi dari massa pendukung salah satu pasangan calon yang tidak puas dengan pelaksanaan tahapan pilkada.

Massa awalnya bergerak mendatangi kantor KPU dan para pengunjuk rasa mulai melempari petugas keamanan dengan berbagai material serta merusak berbagai fasilitas umum lainnya.

Menghadapi massa yang kian beringas, ratusan personel pengamanan langsung bertindak membubarkan massa yang dibantu menggunakan mobil water canon.

Pengunjuk rasa berhasil dipukul mundur oleh petugas dan sehingga petugas berhasil mengendalikan situasi dan mengamankan para pengunjuk rasa yang anarkis dan yang dianggap provokator.

Kapolres Situbondo Ajun Komisaris Besar Polisi Rezi Dharmawan mengatakan, bahwa pengamanan pilkada serentak untuk pemilihan bupati dan wakil bupati, gubernur dan wakil gubernur pada 27 November 2024 menjadi tanggung jawab bersama. Tak hanya polisi yang terlibat dalam simulasi sispamkota, namun juga personel TNI dan Satuan Perlindungan Masyarakat atau Linmas serta Dinas Perhubungan dan unsur lainnya.

"Simulasi sispamkota jelang pilkada digelar untuk antisipasi dan kesiapan petugas dengan harapan bisa berjalan lancar, aman dan terjaga keamanan dan ketertiban masyarakat", katanya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut