get app
inews
Aa Read Next : Masjid An-Nur Kota Probolinggo Kembali Jadi Target Pencuri

Paus Pilot Terdampar di Pantai Permata Probolinggo, Warga Berupaya Menyelamatkan

Jum'at, 18 Oktober 2024 | 19:28 WIB
header img
Warga sekitar berusaha menyelamatkan Paus Pilot yang terdampar di Pantai Permata Pilang. (Foto: iNews Batu/Rizky Putra Dinasti)

PROBOLINGGO, Batu.iNews.id-Warga Pantai Permata Pilang dikejutkan dengan terdamparnya seekor paus jenis pilot pada Jumat (18/10/2024). Paus yang diperkirakan sepanjang enam meter ini pertama kali ditemukan oleh Sugianto, warga yang sedang asyik mencari kerang di tepi pantai saat air laut sedang surut.

“Saya cari kerang, tiba-tiba lihat benda hitam besar bergerak di pinggir pantai. Saat saya dekati, ternyata paus dan masih hidup,” ujar Sugianto.

Ia langsung memberi tahu ketua kelompok masyarakat setempat dan nelayan, yang kemudian menghubungi Dinas Perikanan Kota Probolinggo.

Setelah paus ditemukan, warga pun berbondong-bondong datang untuk melihat langsung. Banyak yang tak mau ketinggalan mengabadikan momen langka ini dengan kamera ponsel mereka.

Beberapa warga bahkan sigap menyiram paus dengan air laut dan menutupinya dengan kain agar tetap basah, berharap paus bisa bertahan sampai air pasang datang.

“Ini pertama kalinya paus pilot terdampar di pantai ini. Sebelumnya, pernah ada hiu tutul yang terdampar, tapi paus seperti ini baru kali ini,” tambah Sugianto.

Upaya warga untuk terus menjaga paus tetap basah berlangsung hingga petugas datang untuk membantu penyelamatan.

Momen ini jadi perhatian besar di sekitar Pantai Permata Pilang, di mana solidaritas warga membantu mamalia laut yang terdampar tampak begitu kental.

Saat ini, warga setempat masih menunggu kedatangan air pasang yang diharapkan bisa membantu paus kembali ke lautan. (*)

Editor : Ryan Haryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut