get app
inews
Aa Read Next : Atasi Kemacetan Libur Tahun Baru, Ini Jalur Alternatif di Kota Batu

Tak Selalu Menakutkan, Keindahan Gunung Api di Pulau Jawa Ini Bikin Kalian Ogah Berpaling

Sabtu, 16 Juli 2022 | 07:17 WIB
header img
pesona gunung api di Jawa (istimewa)

BATU, inews.id - Ring of fire. Seperti namanya, negeri kita memiliki wilayah yang merupakan gugusan yang dilalui oleh cincin api Pasifik. Daerah yang dilalui cincin ini dikaruniai tanah yang begitu subur dikarenakan banyak gunung api yang masih aktif.

“Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman.” Rasanya memang tepat apa yang disampaikan oleh Koes Plus lewat syair lagu tersebut. Betapa tidak, dengan tanah yang begitu subur, apapun tumbuhan yang dilempar ke tanah bisa tumbuh. Sayur dan buah mudah didapat di negeri ini.

Banyak terbentang gunung-gunung nan indah yang selalu menjadi magnet bagi para “pleasure seeker”, dari yang  hanya sekedar foto selfie dari kejauhan maupun berlomba-lomba menapakkan kakinya ke puncak gunung-gunung di Indonesia.

Namun di balik anugerah itu, juga tersimpan banyak cerita pilu karenanya. Daerah yang dilalui Ring of fire mempunyai aktivitas pergerakan lempeng bumi yang sangat aktif sehingga Indonesia juga menjadi salah satu negara yang selalu siaga akan bahaya aktivitas gunung berapi, tsunami, maupun gempa yang merupakan akibat dari aktivitas lempeng di dalam bumi.

Sebagai masyarakat yang paham akan kondisi tersebut kita wajib menjadi pribadi yang “eling lan waspada – ingat dan waspada”. Kali ini kita akan mengulas beberapa keindahan pegunungan di Indonesia yang membuat para pelancong berbondong-bondong menjadikannya destinasi pilihan di pulau Jawa.

1.Kawah Gunung Ijen

Kawah Gunung Ijen (2.799 m) terletak di antara dua kabupaten paling ujung Jawa timur, yakni Bondowoso dan Banyuwangi. Ciri khasnya adalah mempunyai danau asam di atas kawah dan sarat akan bau belerang yang sangat menyengat.

Kawah ini merupakan kawah dari bekas gunung purba dan merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi bagi kamu yang ingin berlibur ke Jawa Timur. Tak jarang pelancong yang datang ke sini jauh-jauh hanya ingin berselfie, mencari udara dingin, serta menikmati panorama sekitar dari atas kawah Ijen.

Yang menarik di Kawah Ijen adalah setiap dini hari sekitar pukul 02.00 hingga 04.00 di sekitar kawah dapat dijumpai fenomena blue fire atau api biru. Menariknya lagi, fenomena ini hanya bisa ditemui di Islandia dan Ijen!

Untuk mencapai kawah Gunung Ijen dari Banyuwangi, bisa menggunakan kereta api ekonomi dengan tujuan Banyuwangi dan turun di Stasiun Karangasem.

Editor : Dean Ismail

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut