get app
inews
Aa Read Next : Sekolah Kedinasan Resmi Dibuka, Ada IPDN STAN Dan Lainnya, Berikut Total Formasinya

Membanggakan, 5 Budaya Indonesia ini Begitu Populer di Mancanegara

Selasa, 19 Juli 2022 | 12:08 WIB
header img
Gamelan salah satu budaya Indonesia yang mendunia (museumnusantara)

BATU, inews.id - Berbicara budaya Indonesia, memiliki arti kita berbicara mengenai sebuah kekayaan sebuah bangsa yang tidak ternilai harga. Sebagai penerus bangsa menjadi kewajiban kita agar bisa terus jaga dan melestarikan budaya Indonesia sebagai peninggalan nenek moyang.

Tetapi, tahukah kamu banyak budaya di Indonesia yang telah populer dan mendapatkan pernyataan dunia. Bahkan juga cukup banyak beberapa orang luar negeri pelajari budaya Indonesia itu. Apa budaya Indonesia yang populer di dunia? Baca pembahasan selengkapnya di bawah ini.

1. Gamelan

Salah satu budaya Indonesia yang mendunia ini adalah gamelan. Alat musik tradisionil Indonesia ini kerap dikatakan sebagai ‘Orkestra Jawa' oleh beberapa orang di luar negeri.

Dapat disebut jika gamelan telah terkenal di seantero bumi, satu diantaranya ialah group gamelan Pelajar Sukra yang dari Inggris. Gamelan di Indonesia biasanya cuma diberikan di sekolah karawitan atau sekolah tinggi jalur seni.

Walau sebenarnya, di Amerika Serikat malah gamelan cukup terkenal. Ada sekitaran 400 komune gamelan di negeri Paman Sam itu, khususnya berbasiskan di perguruan tinggi.

Bahkan juga di Eropa juga ada group musik gamelan yang dengan anggota beberapa orang dari beragam negara.

2. Batik

Dapat disebut kain pola yang ini sangat nge-trend di Dunia. Bahkan juga tidak cuma masyarakat biasa, beberapa pesohor juga ikutan menggunakannya sebagai baju favorite. Seringkali batik dipakai pimpinan-pemimpin negara dunia di beberapa acara internasional.

3. Angklung

Selain Gamelan, alat musik lain yang menjadi salah satu budaya Indonesia adalah Angklung. Alat musik asal Jawa Barat ini sudah mendapatkan pernyataan UNESCO sebagai sisi dari Kreasi Agung Peninggalan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia (Proclamation Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) di tahun 2011.

Tidak cuma dianggap UNESCO sebagai peninggalan budaya, angklung disukai di dunia. Di Jepang misalkan, budaya Indonesia lumayan menarik ketertarikan warga Jepang.

Ini bisa dibuktikan dari jumlahnya ketertarikan warga jepang pada moment-event bertopik angklung, sama dalam moment ‘Sound of Angklung' yang diadakan di Jepang di bulan Agustus kemarin.

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut