get app
inews
Aa Read Next : 10 Laptop Gaming Terbaik Tahun 2023: Performa dan Kualitas Teratas

Inilah Tips Bersihkan Keyboard Laptop yang Kotor Secara Mudah dan Aman

Selasa, 19 Juli 2022 | 14:53 WIB
header img
Ilustrasi keyboard laptop (iNews.id)

BATU, iNews.id - Bagi kalian yang memakai laptop setiap harinya, tentu penting menjaga kebersihan laptop dari debu hingga kotoran. Bukan hanya bagaimana cara membersihkan layar laptop saja.

Kalian juga harus tahu bagaimana cara membersihkan keyboard laptop yang aman.

Salah dalam membersihkan laptop tentu bisa membuat laptop kalian bermasalah. Bahkan yang lebih parah lagi, bisa menyebabkan kerusakan. Sehingga perlu tahu bagaimana cara membersihkan keyboard laptop yang baik dengan menggunakan peralatan yang tepat.

Hal yang Terjadi Bila Keyboard Kotor

Sebelum  mengetahui bagaimana cara membersihkan keyboard laptop, kalian perlu tahu nih apa saja hal yang terjadi bila keyboard laptop kotor.

Hal ini agar mengurangi laptop kalian kotor secara terus-terusan. Nah, berikut ini beberapa hal yang terjadi bila keyboard laptop kotor:

1. Tombol terasa lengket karena jari habis memegang makanan yang manis atau minuman jus.

2. Remahan makanan yang terselip di antara tombol keyboard.

3. Tombol menjadi sulit ditekan atau nyangkut.

4. Tombol dapat ditekan namun tidak responsif atau menampilkan huruf yang ditekan.

5. Debu terlihat di celah-celah keyboard.

Matikan Laptop Sebelum Dibersihkan

Sebelum kalian membersihkan keyboard, cara membersihkan keyboard laptop yang pertama yaitu dengan mematikan perangkat terlebih dahulu. Mengapa demikian? Ini untuk keamanan dan juga menghindari kerusakan saat keyboard sedang dibersihkan.

Selain itu, dengan mematikan perangkat, maka akan mempermudah kalian dalam melakukan pekerjaan ya.

Tidak ingin kan, saat membersihkan keyboard terus tertekan kode sesuatu yang membuat laptop kalian dalam keadaan yang membingungkan?

Jadi, mematikan perangkat menjadi solusi baik sebelum memulai membersihkan keyboard.

Menggunakan Kuas Lembut

Kemudian cara membersihkan keyboard laptop yaitu, kalian bisa menggunakan kuas lembut. Ada banyak sekali jenis kuas untuk membersihkan keyboard yang dapat kalian beli di pasaran.

Dengan menggunakan kuas, kalian bisa membersihkan debu di sela-sela keyboard dengan baik.

Bila kalian tidak sempat untuk membeli kuas keyboard, maka kalian bisa menggunakan kuas untuk makeup. Kuas makeup juga memiliki tekstur yang lembut seperti kuas keyboard, sehingga bisa membersihkan celah yang ada di keyboard.

Menggunakan Hair Dryer

Nah, setelah menggunakan kuas, kalian juga bisa loh menggunakan hair dryer untuk membersihkan lebih bersih lagi.

Namun, perlu diperhatikan, menggunakan hair dryer untuk membersihkan keyboard, harus dilakukan ketika keyboard sudah dalam kondisi yang cukup bersih.

Hal tersebut perlu diperhatikan agar debu dan kotoran tidak semakin masuk ke dalam keyboard ketika menjalani langkah satu ini.

Karena, debu dengan jumlah yang banyak bisa saja masuk ke dalam sela-sela keyboard. Sehingga ini bisa merusak keyboard itu sendiri.

Menggunakan Vacum Debu

Kemudian cara membersihkan keyboard laptop yang selanjutnya yaitu, dengan menggunakan vacum debu. Membersihkan keyboard dengan menggunakan vacum debu mampu mengangkat debu dan kotoran pada keyboard secara optimal.

Kalian dapat menggunakan penyedot debu berukuran kecil untuk membersihkannya.

Atur tekanan penyedot debu dalam tekanan yang rendah karena debu dan kotoran pada keyboard berukuran kecil sehingga tidak membutuhkan tekanan yang terlalu besar.

Menggunakan Kain Microfiber

Dan cara membersihkan keyboard laptop yang terakhir yaitu, dengan menggunakan kain microfiber. Kain microfiber ini dapat mengelap dan membersihkan tombol dan area pada sisi-sisi keyboard.

Basahi sedikit kain microfiber dan lap secara merata ke seluruh area tombol dan juga permukaan keyboard.

Pastikan kalian tidak membasahi kain terlalu banyak, hal ini dikarenakan kain yang terlalu basah berpotensi membuat ada tetesan air yang masuk ke dalam keyboard dan merusak komponen yang ada didalamnya sehingga keyboard menjadi tidak berfungsi.

Itulah cara membersihkan keyboard laptop yang bisa kalian lakukan dengan tepat dan aman. Cara membersihkan keyboard laptop ini bisa kalian lakukan saat merasa keyboard sudah mulai kotor ya. Selamat mencoba.
 

Editor : Dean Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut