get app
inews
Aa Read Next : 7 Penyebab Darah Haid Cokelat, Perempuan Wajib Tahu!

Jangan Risau, Inilah Cara Mengatasi Telat Haid Dijamin Aman dan Mudah

Selasa, 26 Juli 2022 | 10:53 WIB
header img
Ilustrasi telat datang bulan atau haid (foto: freepik)

BATU, iNews.id - Sebagai perempuan tentu pernah merasakan haid atau datang bulan. Biasanya haid dirasakan oleh wanita mulai usia sekitar 12 tahun ke atas.

Dimana haid atau menstruasi sebagai keadaan pendarahan pada uterus yang mengalir dari rahim selanjutnya keluar melalui vagina. Haid biasanya terjadi teratur tiap bulannya.

Tetapi untuk beberapa keadaan seringkali juga haid datang telat. Oleh karena itu langkah mengatasi telat haid menjadi pengetahuan yang perlu untuk dipahami oleh wanita.

Diperoleh keterangan bahwa jika siklus menstruasi normal umumnya terjadi 21-35 hari sekali. Durasi waktu pendarahan dapat terjadi di antara 2-8 hari. Tetapi waktu itu tidak menjadi dasar, karena kadang haid datang terlambat atau bahkan juga bisa lebih cepat.

Selain kehamilan, ada banyak keadaan yang menjadi pemicu haid datang telat. Berikut penjelasan terkait pemicu haid terlambat, ciri-cirinya, dan cara untuk mengatasinya.

Penyebab Terlambat Haid

  • Obesitas

Obesitas atau berat tubuh berlebihan dapat menyebabkan mestruasi datang telat. Karena saat berat tubuh tidak normal karena itu bisa mengakibatkan perubahan hormon.

Oleh karena itu, jaga berat tubuh ideal jadi poin penting untuk seorang wanita.

  • Stres

Stres rupanya dapat mengakibatkan haid datang telat. Karena stres dapat berpengaruh pada hormon dan otak yang bekerja atur siklus haid. Jika stres terjadi berkelanjutan, karena itu dapat berpengaruh pada transisi berat tubuh secara mendadak.

Keadaan ini yang bisa menggangu siklus mestruasi.

  • Sindrom polikistik ovarium

Pemicu telat haid yang lain yakni karena terjadi sindrom polikistik ovarium (PCOS). Sindrom itu membuat tubuh menghasilkan semakin banyak hormon pria atau androgen.

Hormon itu membuat menstruasi datang telat atau bahkan juga berhenti.

Ciri-Ciri Telat Haid

Pertanda khusus telat haid yakni tidak terjadinya pendarahan yang keluar lewat vagina dalam kurun waktu tertentu sepanjang sebulan atau lebih. Biasanya telat haid dihitung sesudah lima hari ataupun lebih semenjak tanggal yang telah seharusnya.

Tanda-tanda telat haid sebetulnya benar-benar bervariatif bergantung pada pemicunya. Meski begitu, kamu tetap alami tanda-tanda premenstrual syndrom (PMS).

Selainnya tidak keluar darah, beberapa ciri telat haid yang lain yakni:

  1. Ada jerawat di muka.
  2. Perut kembung.
  3. Payudara nyeri dan sensitif.
  4. Sakit di kepala.
  5. Lemas, lesu, dan tidak memiliki tenaga.
  6. Kram di bagian perut bawah dan punggung.
  7. Pinggul berasa nyeri.
  8. Langkah Mengatasi Terlambat Haid

Cara Mengatasi Telat Haid

  • Konsumsi vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat rupanya dapat menangani terlambat datang bulan secara alami. Vitamin ini dijumpai dapat tingkatkan hormon estrogen dan turunkan hormon progesteron.

Dengan begitu, kandungan akan berkontraksi dan susunan pada kandungan meluruh. Meski begitu, masih perlu riset selanjutnya untuk menunjukkan claim itu.

Adapun makanan banyak vitamin C yang dapat dimakan yakni jeruk, buah berikan, brokoli, bayam, tomat, paprika merah dan hijau.

  • Konsumsi jamu kunyit

Langkah mangatasi telat haid pada remaja bisa juga dengan konsumsi jamu dari kunyit. Rempah-rempah warna kuning ini dijumpai memiliki kandungan zat aktif yang dapat memengaruhi estrogen dan progesteron.

Meski begitu, masih perlu riset mengenai ini. Selainnya bermanfaat untuk menangani telat haid, kunyit berguna juga untuk memelihara kesehatan badan.

  • Minum teh dari jahe

Teh jahe dijumpai dapat menjadi satu diantara langkah menangani telat haid. Berdasar beberapa riset, jahe kerap dijadikan obat herbal untuk mendorong haid. Karena bahan alamiah ini dijumpai dapat membuat rahim berkontraksi.

Jahe mempunyai rasa yang pedas dengan wewangian ciri khas. Untuk konsumsi jahe secara lebih nikmat, kamu dapat mengolahnya jadi teh.

Tambah bahan lain seperti kayu manis yang hendak membuat rasanya makin nikmat.

  • Manfaatkan air hangat

Siapa sangka bila air hangat rupanya dapat menolong menangani haid yang datang terlambat. Mandi sama air hangat dipercayai dapat membuat otot semakin tenang dan menurunkan stres. Dengan begitu haid dapat semakin lancar.

Disamping itu, mengompres perut memakai air hangat membuat saluran darah ke tempat itu bertambah. Hingga dapat percepat haid.

Nah itulah pemicu, ciri-ciri, dan cara untuk mengatasi haid yag telah datang. Semoga bermanfaat!

Editor : Dean Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut