get app
inews
Aa Read Next : Bisa Menghasilkan Uang Hingga Puluhan Ribu Setiap Hari, Aplikasi Ini Banyak Dicari

Tips Memanfaatkan WhatsApp Business, Agar Jualan Makin Laris dan Lancar

Kamis, 28 Juli 2022 | 15:16 WIB
header img
ilustrasi whatsapp business. (inews.id)

BATU, iNews,id - Dengan berkembangnya teknologi komunikasi memudahkan setiap orang dalam melakukan pekerjaannya. Seperti saat ini banyak orang yang berjualan melalui media sosial seperti whatsapp bisnis. Dengan menggunakan whatsapp bisnis memberikan banyak keuntungan yang banyak diminati oleh banyak orang.


WhatsApp Business bisa membantu menjalankan bisnis secara efektif. Masalahnya aplikasi WhatsApp Business menyediakan fitur-fitur khusus yang lain dari aplikasi WhatsApp biasa.

Pengguna layanan perpesanan ini sering kali mempertanyakan apakah itu WhatsApp Business dan apa bedanya dengan WhatsApp Messenger biasa?

Pada umumnya, kegunaan aplikasi WhatsApp Business ini hampir sama dengan WhatsApp Messenger biasa. Keduanya sama layanan pengiriman pesan instan.

Tetapi, layanan WhatsApp Business ini khusus dibuat untuk pemilik usaha. Umumnya, aplikasi ini dipakai untuk berjualan tetapi juga bisa dipakai untuk para profesional.

Aplikasi WhatsApp Business ini bisa didownload di Google Play Store dan Apple App Store. Untuk mengetahui apakah itu WhatsApp Business dan cara menggunakannya, simak penjelasan di bawah ini.

Fitur-fitur WhatsApp Business

WhatsApp Business mempunyai sejumlah fitur khusus yang dapat memudahkan penggunanya untuk berinteraksi dengan konsumen, fitur itu seperti Daftar, Tautan Pendek, Perpesanan, dan Label.

Sejumlah fitur ini bisa diakses dengan mengetok menu Opsi Yang lain di layar khusus aplikasi WhatsApp Business dan pilih menu Fitur Bisnis.

Dikutip dari situs WhatsApp.com, berikut fitur-fitur khusus yang ada di aplikasi WhatsApp Business:

1. Katalog

Fitur ini akan tampilkan dan mempublikasikan info produk apa yang dijual lewat akun bisnis pengguna.

Pengguna bisa memberikan deskripsi dan harga pada setiap foto produknya, sehingga pelanggan dapat segera memesan atau menanyakan produk melalui fitur perpesanan.

2. Tautan pendek

WhatsApp Business bisa membantu menjalankan bisnis secara efektif. Masalahnya aplikasi WhatsApp Business sediakan fitur-fitur khusus yang lain dari aplikasi WhatsApp biasa.

WhatsApp Business bisa membantu menjalankan bisnis secara efektif. Masalahnya aplikasi WhatsApp Business menyediakan sejumlah fitur khusus yang lain dari aplikasi WhatsApp biasa.

Fitur ini akan mempermudah pelanggan baru untuk langsung terhubung ke akun WhatsApp Business pengguna dan memulai chat dengan pengguna.

Maka pengguna dapat menyematkan tautan pendek miliknya supaya pengguna baru dapat buka tautan itu sehingga dapat mengawali chat dengan pengguna.

3. Perpesanan

Fitur ini untuk melakukan percakapan atau chat antara pengguna dan pelanggan. Percakapan dapat berupa menanyakan seputar produk, bernegosiasi, dan lain-lain.

Pengguna WhatsApp Business bisa mengatur template pesan untuk dikirim secara otomatis saat bisnis sedang tutup atau untuk memberikan salam ke pelanggan baru.

4. Label

Fitur ini bisa mempermudah pengguna apliksai WhatsApp Business untuk membagi percakapan atau chat dengan pelanggan jadi beberapa kategori.

Misalnya kategori pelanggan baru, belum bayar, pesanan sedang diproses, atau sedang dikirim. Fitur ini akan mempermudah pengguna merespons chat dari pelanggan.

Cara menggunakan WhatsApp Business

Penjelasan di atas hanya sedikit fitur yang ada di aplikasi WhatsApp Business. Bila berminat untuk menggunakannya, aplikasi ini dapat didownload secara gratis di handphone.

Berikut cara menggunakan WhatsApp Business untuk pengguna baru, dikutip dari situs Whatsapp.com:

  • Membuka aplikasi WhatsApp Business yang telah didownload.
  • Baca ketentuan layanan, lalu ketuk Setuju dan Lanjutkan.
  • Tentukan kode negara dan masukkan nomor telepon dalam format nomor telepon internasional memakai awalan +62. Ketuk Lanjut.
  • Ketuk Oke untuk menerima kode OTP melalui SMS atau telepon.
  • Masukkan kode OTP di kolom yang telah disiapkan.
  • Berikan izin aplikasi WhatsApp Business untuk mengakses kontak dan foto di telepon.
  • Buat akun dengan isi nama bisnis, tentukan kategori bisnis, dan tentukan foto profil bisnis.
  • Ketuk Telusuri dan pilih menu Profil Usaha untuk membuat profil bisnis.
  • Tambah informasi bisnis seperti alamat, deskripsi, jam operasional, dan lain-lain.
  • Profil WhatsApp Business sudah dibuat. Pengguna bisa langsung mengirim pesan dan menggunakannya.

Tersebut keunggulan yang dapat dimanfaatkan pengguna WhatsApp Business untuk memaksimalkan bisnisnya. Cara menggunakan aplikasi WhatsApp Business mudah karena tidak jauh berbeda dengan WhatsApp Messenger biasa.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut