get app
inews
Aa Read Next : Cara Menggunakan Metatrader4 di Android, Gampang Banget!

Tak Perlu Cemas, Begini Cara Mengatasi Hp Disadap Orang

Jum'at, 29 Juli 2022 | 13:56 WIB
header img
ilustrasi hp disadap orang. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Dengan kemajuan teknologi menjadikan banyak orang memanfaatkannya untuk aktivitas sehari-hari. Namun ada juga yang menyalahgunakannya untuk hal yang tidak baik. Seperti saat ini banyak orang menggunakan teknologi untuk kejahatan seperti menyadap hp seseorang. Hal ini dilakukan untuk mencari keuntungan indivudu. 

Penyadapan HP merupakan sebuah tindakan kriminal saat di era digital sekarang ini segala sesuatu yang sudah dilakukan oleh setiap orang sangat mengandalkan HP. Banyak oknum yang tidak bertanggungjawab melakukan penyadapan untuk merugikan kita. Maka dari itu, sebagai masyarakat harus menjaga diri, kita harus dapat cara mengatasi HP disadap untuk menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan.

Beberapa oknum yang melakukan penyadapan sering menyamarkan identitas. Sering menggunakan identitas yang umum sudah kita ketahui. Cara kerjanya, sama seperti oknum-oknum penipuan. Beberapa oknum biasanya, mengatasnamakan pihak cyber crime, atau pihak operator seperti misalnya pihak telkomsel atau provider lain. Terkadang berpura-pura dari pinjol (pinjaman online).

Saat kita mengalami salah satu beberapa ciri yang ada di penjelasan di atas, kita harus segera melakukan beberapa tindakan pencegahan, bahkan juga melakukan beberapa tindakan untuk mengatasinya. Berikut merupakan beberapa cara mengatasi HP disadap yang dapat kita lakukan sesegera mungkin:

1. Deteksi Penyadapan dengan Kode *#21#

Salah satu cara mengatasi HP disadap orang dengan langsung memeriksa HP kita. Ada banyak kode yang dapat kita pakai untuk memeriksa apa HP kita disadap atau tidak. Agar selalu berhati-hati, kode yang dapat kita gunakan adalah *#21## atau *#21#. Kita dapat ketahui status HP kita disadap atau tidak.

Selain menggunakan kode di atas, kita bisa juga melakukan cara mengetahui HP disadap *#06#. Memakai kode *#06# atau *#61# sangat bermanfaat, terutama jika kita telah merasakan gelagat tidak nyaman terkait HP kita. Dengan mengetahui HP disadap *#61# dan cara menghentikan HP disadap *#61#, kita dapat sekalian melacak atau memeriksa nomor panggilan tidak terjawab.

Ada kode *#62#, yang dapat kita gunakan untuk memverifikasi nomor pengalihan atau call forwarding. Bila kita sudah yakin sedang disadap, karena itu cara mengetahui HP disadap *#06# dan penggunaan beberapa kode di atas harus kita hentikan dan melakukan cara untuk menghentikannya. Simak ulasannya berikut ini.

2. Cara Mengatasi HP Disadap dengan Code Rahasia #002#

Salah satu reaksi cepat untuk mengatasi HP disadap dengan melakukan cara mengetahui HP disadap *#61# dan cara menghentikan HP disadap *#61#. Namun, tidak selesai dengan tahapan itu saja, kita harus menghentikannya. Karena selainnya merugikan diri sendiri, juga akan merugikan beberapa orang sekitar kita.

Agar HP yang kita miliki dapat diputus dari sadapan, kita harus tekan kode ##002## atau #002# saja. Kode itu berperan untuk mematikan semua bentuk pengalihan HP. Artinya, kode rahasia #002# bisa menghentikan semua kerja beberapa hacker yang menyadap HP kita.

Selainnya memakai beberapa kode di atas yang dapat kita lakukan untuk mengatasi penyadapan. Ada banyak hal yang lain harus kita lihat sebagai cara mengatasi HP disadap.

3. Perhatikan Penggunaan VPN di HP

Alternatif lain dalam cara mengatasi HP disadap dengan memperhatikan penggunaan VPN di HP. VPN (virtual privat network bisa mengenkripsi jaringan internet kita, sehingga dapat memperbesar kemungkinan beberapa penyadap untuk mengambil alih HP kita. Selain disadap, HP kita bisa juga dengan mudah diretas dan melihat-lihat data-data yang ditransmisi.

Oleh karena itu, kita wajib untuk memperhatikan penggunaan VPN, dan benar-benar cermat menggunakannya sama sesuai kebutuhan yang benar-benar penting saja,

4. Gunakan Faktory Reset Sebagai Cara Mengatasi HP Disadap

Pilihan cara mengatasi HP disadap yang lain dengan menggunakan Faktory Reset. Faktory Reset atau reset ulang seperti awalnya membeli dapat digunakan untuk mengatasi HP yang sudah disadap. Karena, dengan Faktory Reset, semua data dan aplikasi akan terhapus, khususnya aplikasi tersembunyi yang digunakan untuk menyadap HP kita.

Karena umumnya, aplikasi penyadapan mempunyai kecanggihan yang tidak bisa terdeteksi. Salah satu cara baik dengan melakukan faktory reset dan semua aplikasi akan terhapus, termasuk aplikasi penyadap dan menghentikan penyadapan HP kita.

5. Hubungi Call Center Operator untuk Menyelesaikan HP yang Disadap Orang

Cara mengatasi HP disadap yang paling mudah dan tidak serepot beberapa cara awalnya dengan menghubungi Call Center Operator. Kita tinggal menghubungi customer service sesuai operator atau provider yang kita gunakan. Tetapi kita harus juga hati-hati menghubungi Call Center Operator, karena banyak juga penipuan yang menggunakan identitas Call Center Operator.

Bisa jadi kita terkena tipu dan malah disadap oleh penipu itu, apabila sudah demikian, kita harus dua kali kerja, melakukan cara mengetahui HP disadap telkomsel dan terlepas dari penipuan. Bila tidak mau jatuh dan tertimpa tangan, kita sudah pasti harus super hati-hati.

Bukan hanya HP kita keseluruhannya yang dapat disadap, beberapa oknum bisa juga melakukan penyadapan hanya ke beberapa aplikasi saja, khususnya pada aplikasi pesan seperti WhatsApp. Banyak kabar beredar yang berhasil menyadap WhatsApp seseorang dan melakukan sejumlah penipuan ke kontak di WhatsApp itu.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut