get app
inews
Aa Read Next : Pabrik Rokok Gudang Garam Kediri di Lahap Si Jago Merah, Terdengar 3 Kali Ledakan

Bupati Kediri Mas Dhito Upayakan Aliran Listrik Kampung Onggoboyo

Selasa, 02 Agustus 2022 | 11:47 WIB
header img
bupati kediri Hanindhito Himawan Pramana (instagram.com/@dinaskominfo_kedirikab)

Batu, iNews.id - Nama Kampung Onggoboyo mungkin masih cukup asing di telinga masryarakat Kediri. Perlu diketahui, jika Onggoboyo merupakan sebuah perkampungan di tengah perkebunan tebu punya PTPN X Kediri yang berada di Desa Babadan, Dusun Babadan, Kecamatan Ngancar.

Perkampungan ini berbeda dengan daerah di sekitarnya, yang mana mereka jauh dari gemerlap lampu seperti perkampungan lain. Tercatat, ada sekitar  17 KK yang tinggal di perkampungan itu dengan mata pencarian sebagai buruh dengan pendapatan tidak pasti.

Sutikno, Ketua RT di Kampung Onggoboyo akui datang ke daerah itu pada tahun 1984 silam. Baru selanjutnya di tahun 2014 masyarakat memperoleh kontribusi penerangan berbentuk solar cell dari bupati saat itu.

Tetapi, karena ketahanan penyimpanan baterai yang sesaat, lampu pada saat malam hari telah redup. Selanjutnya masyarakat bernisiatif memakai genset agar malam hari masih tetap dapat memperoleh pencahayaan.


kampung onggoboyo (instagram.com/@dinaskominfo_kedirikab)

Keadaan yang membuat prihatin saat wabah dan anak-anak mereka yang sekolah harus belajar online. Karena beberapa pelajaran harus ikuti siaran di tv atau handphone, anak-anak mereka pun untuk dapat belajar harus pindah ke rekan mereka di luar Onggoboyo.

Sedih dengan keadaan masyarakatnya di perkampungan Onggoboyo itu, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana berusaha agar jaringan listrik PLN dapat masuk di perkampungan tersebut.

Dalam pertemuannya dengan PLN UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Kediri di Kantor Pemkab Kediri, Senin (1/8/2022), Mas Dhito sampaikan keinginannya tersebut.

Bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu menjelaskan, saat sebelum Bandara Internasional Dhoho Kediri bekerja pada 2023 kedepan, diharap PLN dapat memberikan support listrik di Kampung Onggoboyo. Ia tidak inginkan begitu lapangan terbang telah bekerja masih tetap ada dusun yang belum teraliri listrik.

Menyikapi keinginan dukungan listrik di Kampung Onggoboyo, Manajer PLN UP3 Kediri Edi Cahyono akui pihaknya akan memberi dukungan. Juga demikian, pihaknya akui tetap pastikan keadaan di lapangan.

Dikatakan, untuk memberikan dukungan jaringan listrik ke Onggoboyo perlu diketahui berkaitan jarak di antara lokasi dengan jaringan listrik yang telah ada di dusun itu, terhitung jumlah KK calon pemakai listrik.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut