get app
inews
Aa
Read Next : Pabrik Rokok Gudang Garam Kediri di Lahap Si Jago Merah, Terdengar 3 Kali Ledakan

Nanas PK-1 Kediri Di Unggulkan Gubernur Jatim Karena Citarasanya

Senin, 17 Oktober 2022 | 11:46 WIB
header img
Gubernur Jatim dan Bupati Kediri (instagram.com/@dinaskominfo_kedirikab)

KEDIRI, iNewsBatu.id - Khofifah Indar Parawansa, selaku Gubernur Jawa Timur untuk kesekian kalinya kembali memperlihatkan nanas Pasir Kelud (PK-1) ke tiap tamu yang datang ke Jawa Timur.

Kesempatan ini, nanas asal Kabupaten Kediri itu ditampilkan dalam kegiatan penutupan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II yang di laksanakan di Kantor BPSDM Jawa Timur, pada hari Jumat (14/10/2022).

Acara itu didatangi Reni Suzana, selaku Sekretaris Utama Lembaga Administrasi Negara (LAN), kepala wilayah yang menerima penghargaan lencana Jer Basuki Mawa Beya Emas, termasuk peserta training dari beragam wilayah di Indonesia.

"Ini saya akan pamerkan ke bapak ibu sekalian, ada komandannya, pemilik dari tempat ini pak Bupati Kediri (Hanindhito Himawan Pramana), hampir setiap tamu saya perkenalkan," ucapnya.

Khofifah yang sejak dari awal ketahui dan rasakan varietas nanas PK-1 itu mengaku kelebihan nanas yang dikembangkan di lereng Gunung Kelud itu. Disamping memiliki rasa yang manis, untuk nikmati buah itu lumayan gampang.

Selanjutnya Khofifah sampaikan, disamping nanas Pasir Kelud itu, buah-buah unggulan dari beragam wilayah di Jawa Timur sengaja jadi display setiap kegiatan Pemerintahan Propinsi Jawa Timur agar bisa dijumpai tiap tamu yang datang.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana atau yang akrab dipanggil Mas Dhito awalnya mengatakan, dari beberapa macam nanas yang ada, nanas PK-1 yang dikembangkan di Kecamatan Ngancar itu sebagai nanas unggulan dari Kabupaten Kediri.

Pengembangan nanas PK-1 banyak terhalang dalam pembenihan. Karena, tipe nanas ini jarang-jarang ada tunas baru disekitaran batang seperti yang umum ada di tipe nanas lain.

Pengembangan yang sudah dilakukan yaitu lewat stek batang di mana langkah ini tidak ada di tempat lain dan di Indonesia baru berada di Kabupaten Kediri. Disamping stek batang, dilaksanakan juga peningkatan dengan kultur jaringan.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut