get app
inews
Aa Read Next : 5 Perawatan Kewanitaan Setelah Melahirkan yang Aman dan Tepat

Jangan Khawatir, Begini Cara Mengatasi Keputihan Yang Berbau Tidak Sedap

Senin, 08 Agustus 2022 | 06:15 WIB
header img
Ilustrasi mengatasi keputihan berbau tidak sedap. (inews.id)

BATU, iNews.id - Keputihan adalah hal yang normal pada wanita. Kondisi ini termasuk proses yang terjadi dalam sistem reproduksi wanita. Keputihan ditandai dengan keluarnya cairan yang dibuat oleh kelenjar dalam vagina dan leher kandungan. Cairan ini bawa beberapa sel mati dan bakteri. Jumlah, bau, dan warnanya juga bisa bervariasi tergantung di saat dalam siklus menstruasi wanita.

Meski sebagian besar keputihan adalah normal, kadang bau yang keluar saat mengalami keputihan membuat kamu tidak percaya diri dengan pasangan. Nah, ada banyak tips yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi keputihan yang bau tidak sedap.

Tips Mengatasi Keputihan yang Berbau Tidak Sedap

Keputihan yang berbau tidak sedap biasanya disebabkan oleh bakteri yang ada di Miss V. Nah, untuk mengatasinya, berikut tips yang dapat kamu coba untuk mengatasi keputihan yang berbau tidak sedap:

1. Menjaga Kebersihan Miss V

Pastikan kebersihan Miss V tetap terjaga dengan rutin membasuhnya. Selalu basuh Miss V dengan air mengalir dari arah depan ke belakang agar bakteri pada anus tidak berpindah pada Miss V. Setelah itu, keringkan Miss V menggunakan handuk atau kain bersih agar tidak lembap. Miss V yang lembap bisa memicu berkembangbiaknya bakteri penyebab bau tidak sedap.

2. Hindari Penggunaan Sabun Kewanitaan

Perlu kamu tahu jika Miss V sebagai organ yang sanggup membersihkan dirinya. Kendati demikian, kamu tetap perlu membersihkannya sesekali sama air bersih untuk menghilangkan bau. Tetapi, cukup banyak orang yang menggunakan sabun kewanitaan untuk menutupi bau Miss V. Padahal, sebagian besar sabun kewanitaan mempunyai pH yang tidak sama dengan Miss V.

Sabun kewanitaan biasanya ditambahkan dengan pewangi yang mengandung bahan kimia. Ini pasti bisa merusak keseimbangan pH dalam Miss V, sehingga memicu pertumbuhan bakteri lebih banyak. Lebih baik, basuh Miss V dengan air hangat saja cukup.

3. Rutin Mengganti Pakaian Dalam

Selangkangan adalah area yang mudah berkeringat. Nah, timbulnya keringat berikut yang bisa menyebabkan bau tidak sedap. Oleh karenanya, pastikan kamu rutin mengganti pakaian dalam. Seharusnya pilih pakaian dalam yang berbahan 100 % katun dan hindari mengenakan celana dalam berbahan satin, sutra, atau poliester yang tidak menyerap keringat.

Bila tips itu tidak membantu, kamu mungkin perlu mencari penyebab khusus keputihan yang kamu alami. Masalahnya keputihan bisa juga disebabkan oleh penggunaan pil KB, stres emosional, infeksi atau olahraga yang berlebihan.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut