Logo Network
Network

5 Perawatan Kewanitaan Setelah Melahirkan yang Aman dan Tepat

bayu pratama
.
Sabtu, 26 November 2022 | 15:36 WIB
5 Perawatan Kewanitaan Setelah Melahirkan yang Aman dan Tepat
Perawatan Kewanitaan Setelah Melahirkan. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Selamat telah memiliki buah hati yang mungil dan lucu ya Kak! Meski begitu, pastikan untuk melakukan perawatan untuk kesehatan daerah kewanitaan agar infeksi dapat dicegah. Tentu Kakak tidak ingin mengalami hal ini, bukan? Oleh karena itu lakukan perawatan kewanitaan setelah menlahirkan yang aman dan tepat. 

5 Cara Merawat Kewanitaan setelah Melahirkan

Setelah berjuang melahirkan bayi yang lucu ke dunia, Kakak perlu melakukan perawatan khusus untuk daerah kewanitaan. Jika melahirkan melalui vagina, kemungkinan Kakak akan mengalami sakit pada saat bersin, batuk, dan lain sebagainya.

Berikut 5 perawatan yang bisa Kakak lakukan untuk menjaga daerah kewanitaan pasca melahirkan.

1. Menjaga Kebersihan dan Mencuci dengan Air Hangat

Setelah melahirkan, Kakak perlu menjaga kebersihan dan menjaga daerah kewanitaan agar tetap kering. Hal ini akan mencegah masuknya bakteri atau jamur yang dapat menyebabkan infeksi. Kakak bisa menjaga kebersihan dengan selalu membersihkan daerah tersebut sesering mungkin.

Kakak juga bisa membersihkan daerah kewanitaan dengan air hangat. Selain membersihkan daerah kewanitaan, hal ini juga bisa mengurangi rasa sakit dan menghindari pembengkakan vagina lho, Kak!

2. Ice Pack

Merasa sakit setelah melahirkan? Kakak bisa menggunakan ice pack untuk mengompres daerah kewanitaan kurang lebih sampai 30 menit. Karena tidak diperkenankan bersentuhan dengan ice pack tersebut secara langsung, Kakak perlu menggunakan pakaian tipis sebagai pembatas.

Perawatan menggunakan ice pack ini jika dilakukan secara berkala akan dapat menjaga daerah kewanitaan agar tidak mengalami pembengkakan.

3. Menggunakan Pembalut Saat Pendarahan

Pada zaman dahulu, wanita yang baru melahirkan menggunakan tampon saat masa pendarahan. Padahal tampon sangat berisiko tinggi, yaitu masuknya berbagai kuman dan bakteri, sehingga akan berdampak buruk bagi kesehatan daerah kewanitaan.

Setelah melahirkan, Kakak akan mengalami pendarahan yang berlangsung kurang lebih selama 2 minggu. Berbeda dengan masa menstruasi, darah yang keluar pada pendarahan ini lebih banyak jumlahnya lebih banyak. Oleh karena itu, Kakak perlu menyiapkan banyak pembalut untuk mengatasi pendarahan ini.

Follow Berita iNews Batu di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.