get app
inews
Aa Read Next : 3 Kepribadian Wanita Sesuai Gaya Berpakainnya, Begini Cara Mengenalinya

5 Kebiasaan Anak Muda Untuk Menghadapi Ancaman Resesi, Patut Dilakukan!

Selasa, 01 November 2022 | 19:28 WIB
header img
Kebiasaan Anak Muda Menghadapi Ancaman Resesi. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Apa kamu telah mendengar berita yang ramai tentang resesi ekonomi? Akhir-akhir ini banyak berita tentang resesi ekonomi yang mengancam Indonesia.

Dikutip dari Otoritas Jasa Keuangan, resesi ekonomi adalah kondisi saat perekonomian negara sedang memburuk dan terlihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) yang negatif, meningkatnya angka pengangguran, dan pertumbuhan ekonomi riel yang negatif.

Untuk kamu yang saat ini ada di usia produktif atau baru memasuki dunia kerja, sebaiknya kamu harus mulai memutar otak untuk selalu bertahan di kondisi ekonomi yang naik turun.

Selain mulai hidup hemat, ini kebiasaan baik yang dapat dilakukan anak muda untuk menghadapi resesi yang kabarnya dapat terjadi pada 2023. Simak selengkapnya di bawah ini ya, guys!

5 Kebiasaan Anak Muda Untuk Menghadapi Ancaman Resesi

1. Mengurangi Utang

Saat resesi umumnya suku bunga bank akan mengalami kenaikan, karena itu jangan berutang konsumtif ya, Beauties. Buat utang seminim mungkin untuk berjaga-jaga misalnya terjadi resesi.

Kamu dapat mulai dari mengurangi penggunaan pay later yang saat ini sangat mudah diakses. Tentukan perbandingan utang pada pengeluaran yang normalnya sekitar 20-30%.

Jika sudah ada utang, kamu bisa juga mendahulukan pelunasan utang yang sekiranya telah ada agar tidak membebani pengeluaranmu saat terjadi resesi.

2. Melakukan Perencanaan Keuangan

Kedengarannya sepele tetapi perencanaan keuangan itu sangat penting lho, guys!

Perencanaan keuangan dapat menahanmu saat ingin mengeluarkan uang untuk hal yang di luar rencana. Kurangi membeli barang yang tidak kamu butuhkan, jangan tergiur harga diskon jika barang itu tidak ada di daftar rencana pengeluaranmu.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut