get app
inews
Aa Read Next : 7 Kota Terkecil di Indonesia, Nomor 4 Pernah Jadi Ibukota Negara

5 Kebiasaan Orang Betawi yang Unik Bikin Hati Terpincut

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 10:45 WIB
header img
Kebiasaan Orang Betawi. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Indonesia sudah sejak lama dikenal sebagai negara multikultural yang memiliki ratusan suku bangsa dengan beragam budaya dan kebiasaan adat yang berbeda-beda.

Salah satu suku bangsa di Indonesia yang memiliki budaya dan kebiasaan yang khas ialah Suku Betawi. Suku Betawi Banyak Bermukim di Provinsi DKI Jakarta yang disebut keturunan yang sudah tinggal di Batavia sejak era ke-17.

Suku Betawi sebagai keturunan campuran darah dari berbagai suku bangsa yang didatangkan oleh Pemerintah Hindia Belanda ke Batavia. Kelompok Suku Betawi lahir dari berbagai kelompok suku bangsa yang sudah hidup lebih dulu di Jakarta seperti Sunda, Melayu, Jawa, Bugis, Makassar, Ambon, Arab, Tionghoa, dan India.

Suku Betawi yang dikenal memiliki budaya dan kebiasaan unik yang mungkin sedikit diketahui. Nah, kali ini Viva ulas rangkuman dari berbagai sumber pendapat mengenai kebiasaan-kebiasaan orang betawi yang dapat memincut orang-orang dari suku lain.

5 Kebiasaan Orang Betawi yang Unik 

1. Pandai Mengaji

Kehidupan sosial masyarakat Suku Betawi banyak dipengaruhi oleh nilai-nilai luhur Agama Islam. Setiap anak-anak Suku Betawi sudah diajarkan membaca Al-Qur'an sejak dini, sehingga tak heran banyak dari masyarakat Suku Betawi yang pandai mengaji.

Suku Betawi akan bangga jika anak-anaknya pandai mengaji Al-Qur'an dan mampu mengaplikasikan nilai-nilai yang berada di dalamnya.

2. Gaya Berbicara Ceplas-ceplos

Masyarakat dari Suku Betawi cenderung tidak menyukai basa-basi, jika berbicara langsung ke pokok permasalahan sebagai objek pembicaraan. Tak heran jika Suku Betawi dikenal mempunyai gaya bicara yang ceplas-ceplos. Beberapa orang yang menilai kebiasaan dari Suku Betawi ini terkesan agak kasar dan tidak sopan.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut