get app
inews
Aa Read Next : Sekolah Kedinasan Resmi Dibuka, Ada IPDN STAN Dan Lainnya, Berikut Total Formasinya

5 Kebiasaan Orang Betawi yang Unik Bikin Hati Terpincut

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 10:45 WIB
header img
Kebiasaan Orang Betawi. (okezone.com)

3. Tidak Suka Merantau


Ilustrasi Kebiasaan Orang Betawi. (okezone.com)

Suku Betawi sebagai kelompok masyarakat yang dikenal tidak suka merantau. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kebiasaan ini, diantaranya faktor kemapanan ekonomi dan rasa kekeluargaan yang erat.

Masyakarakat Suku Betawi lebih suka bekerja di wilayahnya sendiri yang tidak jauh dari keluarga, terlebih lagi Jakarta adalah ibukota negara dimana pusat ekonomi dan pemerintahan Indonesia berada.

4. Memiliki Toleransi Tinggi

Masyarakat Suku Betawi terdiri dari multi etnis dengan kebiasaan adat yang beragam. Suku Betawi bisa hidup dengan damai tanpa konflik di antara semua keragaman lama itu. Untuk masyarakat Suku Betawi, toleransi pada perbedaan harus ditingkatkan untuk mencipkatakan kehidupan sosial yan rukun dan damai.

5. Jago Bela Diri

Ini tidak terlepas dari Pencak Silat sebagai salah satu seni beladiri asli dari Indonesia yang terkenal sampai mancanegara. Pencak Silat banyak dikuasai oleh masyarakat Suku Betawi sebagai sarana untuk membela diri.

Orang yang jago Pencak Silat di Suku Betawi dikenal dengan Jawara. Pencak Silat Suku Betawi sedikit berbeda, seperti dari gerakan tangan yang mengandalkan pertarungan jarak dekat.

Nah, demikian informasi mengenai kebiasaan orang betawi yang Viva dapat ulasa untuk kamu. Bagaimana? Semakin tertarik dan mempesona ya SUku asli Jakarta ini.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut