get app
inews
Aa Read Next : 3 Dampak Samping Beresiko Akibat Gunakan Kutek Gel yang Jarang Diketahui

4 Dampak Kebiasaan Mencabut Alis yang Wajib Diketahui

Kamis, 13 Oktober 2022 | 17:38 WIB
header img
Kebiasaan Mencabut Alis. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Untuk wanita, tampilan wajah merupakan hal yang harus dijaga dengan baik. Bentuk alis merupakan hal yang sangat mempengaruhi karakter wajah seseorang. Oleh karena itu, tidak jarang seorang wanita mencabut alis untuk membuat wajahnya lebih menarik.

Selain dari segi kosmetik, sebagian orang memang memiliki kebiasaan mencabut rambut tubuhnya, termasuk alis yang disebut dengan trikotilomania.

Dampak Kebiasaan Mencabut Alis

Anda yang memiliki kebiasan mencabut rambut khususnya alis, harus berhati-hati. Pasalnya , hal itu dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan berikut ini :

Infeksi

Alis sebagai salah satu alat perlindungan diri yang dimiliki oleh tubuh karena melindungi mata dari keringat atau kotoran yang lain dapat masuk ke mata dan menimbulkan infeksi.

Saat mempunyai kebiasaan untuk mencabut alis, risiko infeksi akan lebih meningkat. Disamping itu, kebiasaan ini juga dapat menimbulkan peradangan pada folikel rambut. Peradangan yang terjadi terus-menerus bisa disertai dengan infeksi sekunder, sehingga bisa memperberat proses peradangan yang terjadi.

Tekanan emosional

Seseorang dengan trikotilomania bisa merasa rendah diri, depresi, cemas dan malu karena kebiasaan yang dimiliki dan ketidakmampuan dalam mengendalikannya. Ini pada akhirnya menyebabkan tekanan emosional pada dirinya sendiri.

Kerusakan pada kulit dan rambut

Kebiasaan menarik dan mencabut rambut pada tubuh, termasuk alis, bisa menimbulkan kerusakan jaringan parut atau scar, dan kerusakan kulit lainnya. Saat kebiasaan itu berlangsung terus-menerus, pertumbuhan rambut akan terpengaruh secara permanen dan berujung pada kebotakan.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut