get app
inews
Aa Read Next : 5 Tutorial Atasi Rambut Bercabang Dengan Benar, Dijamin Ampuh!

5 Cara Menjaga Kesehatan Rambut Yang Baik Dan Benar

Rabu, 28 Desember 2022 | 15:41 WIB
header img
Cara Menjaga Kesehatan Rambut. (Istimewa)

BATU, iNews.id - Memiliki rambut yang sehat dan indah tentu menjadi impian semua orang, terlebih untuk para wanita. Karenanya, tidak perlu kaget jika saat ini ada banyak sekali treatment rambut dengan harga selangit yang bisa Kakak pilih. Untuk itu, perlu cara menjaga kesehatan rambut yang benar dan baik. 

5 Cara Menjaga Kesehatan Rambut

Menjaga kesehatan rambut sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan di rumah. Namun yang terpenting adalah ketelatenan dari Kakak sendiri. Sejauh ini ada 5 cara paling mudah yang bisa dicoba sekarang juga. Langsung saja, ini dia penjelasannya:

1. Pilih Produk yang Sesuai dengan Rambut Kakak

Car pertama yang wajib dilakukan adalah memilih produk rambut yang sesuai dengan rambut. Tentunya Kakak semua tahu kalau setiap rambut memiliki karakteristik yang berbeda.

Setiap jenis rambut tentunya memiliki jenis treatment yang berbeda. Ada rambut kering, rontok, bercabang, rambut kasar, dan lain-lain. 

Pilihlah produk rambut yang sesuai dengan karakteristik rambut Kakak tersebut. Saat ini ada banyak sekali varian shampo atau produk treatment rambut lain yang bisa dipilih. Sesuaikan saja dengan jenis rambut yang Kakak miliki. Beda produk akan beda juga dampaknya.

2. Keramas dengan Air Dingin

Beberapa orang beranggapan kalau keramas dengan air panas atau hangat bisa berdampak bagus terhadap rambut. Padahal ini tidak sepenuhnya benar. Keramas dengan air panas atau hangat sama sekali tidak memiliki khasiat untuk rambut, malah sebaliknya kebiasaan ini bisa membuat rambut rusak.

Sebaliknya, keramas dengan air dingin bisa membuat rambut Kakak menjadi sehat dan lembab. Peredaran darah di kepala juga menjadi jauh lebih lancar. Bahkan melakukan keramas secara rutin dengan air dingin bisa membuat akar rambut menjadi kuat dan terhindar dari kerontokan.

3. Jangan Menggosok Rambut dengan Handuk

Jangan menggosok rambut yang basah dengan handuk. Setelah mandi, kebanyakan orang terbiasa menggosok rambutnya dengan handuk. Padahal ini tidak bisa dibenarkan. Menggosok rambut dengan handuk justru malah merusak tekstur dari rambut itu sendiri.

Pada dasarnya, rambut itu lebih rentan pada saat basah. Karena itu, jangan melakukan gerakan yang terlalu kasar pada saat rambut basah, termasuk menggosoknya dengan handuk setelah mandi. Daripada menggosoknya, jauh lebih baik kalau Kakak membungkus kepala dengan handuk tersebut.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut