get app
inews
Aa Read Next : 8 Kepribadian Kucing Berdasaran Warna Bulunya, Wajib Tahu!

4 Tipe Kepribadian Narsistik yang Wajib Anda Ketahui

Senin, 31 Oktober 2022 | 08:32 WIB
header img
Tipe Kepribadian Narsistik. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Pernah dengar istilah narsis dalam pergaulan sehari-hari? Biasanya istilah ini ditujukan untuk orang-orang yang gemar swafoto dan membagikan banyak cerita hidupnya di media sosial. Ada beberapa tipe kepribadian narsitik yang wajib anda ketahui.

Secara psikologis, kebutuhan narsistik, seperti mendapatkan pengakuan dan perhatian adalah hal yang normal bila dilakukan secara wajar dan tidak merugikan diri sendiri atau orang lain. Tetapi, jika berlebihan, sifat narsistik justru bisa berkembang jadi gangguan kepribadian.

Umumnya, tanda-tanda seorang memiliki kepribadian narsistik, yaitu merasa dirinya superior, spesial, dan dikagumi secara berlebihan. Pengidap kepribadian narsistik gemar mengeksploitasi seseorang untuk kepentingan pribadi, kurang empati, angkuh, dan meyakini jika seseorang cemburu pada dirinya. Kepribadian narsistik amat ingin kehadiranya dianggap seseorang.

Nah, tipe-tipe kepribadian narsistik bisa dibedakan berdasarkan perilaku yang diperlihatkan dan reaksi mereka pada lingkungan. Di bawah ini jenis kepribadian narsistik yang perlu kamu tahu.

4 Tipe Kepribadian Narsistik yang Wajib Anda Ketahui

1. Narsistik Terselubung

Covert narcissism alias narsistik terselubung adalah kebalikan dari tipe narsistik yang tampak pada umumnya. Orang dengan narsistik terselubung meyakini jika dirinya lebih unggul dibandingkan seseorang, tapi keyakinan ini mereka simpan dalam hati.

Mereka cenderung mementingkan diri sendiri. Mereka meyakini berhak mendapatkan perhatian lebih dari orang lain.

Ciri pengidap narsistik terselubung lainnya, yaitu sering merasa menjadi korban seolah-olah dunia gagal mengenali potensi yang ia miliki. Tak heran, jenis narsistik ini rentan depresi karena perasaannya sangat sensitif. Tetapi, ketika bersamaan mereka sulit berempati dengan orang lain.

2. Narsistik Prososial


Kepribadian Narsistik. (okezone.com)

Orang dengan tipe kepribadian narsistik prososial alias communal narcissism selalu berusaha melakukan perbuatan baik di depan umum. Tetapi, ini dilakukan untuk mendapatkan pengakuan sebanyak mungkin dari orang-orang di sekitarnya.

Respons yang diharapkan tipe kepribadian narsistik satu ini ialah pujian. Pujian dapat membuat mereka bangga dan puas pada diri sendiri.

Pengidap narsistik prososial punya keinginan kuat untuk dihargai dan dikenal semua orang. Mereka dapat bersikap ramah dan membantu seseorang hanya untuk mendapatkan pengakuan yang mereka harapkan.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut